Agriculture
Terlindungi

Malang's Lady Finger Banana Cultivation - 14

Kab. Malang, Jawa Timur
16% Bunga (p.a)
Rp 267.000.000
75% project threshold
dari Rp 835.000.000
568 dari 835 unit
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Tenor
6 bulan
(02 August 2022 - 22 January 2023)
TF SI
3 program berhasil
Status
In Progress
Unit Tersedia
568 dari 835 unit
Jangka Pengembalian
End Of Period
Nilai Per Unit
Rp 1.000.000
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Jaminan proyek berjalan apabila dana terkumpul melebihi 75% dari target pendanaan
Rincian feasibility study, timetable, dan proyeksi laporan keuangan telah dirangkum dalam file prospektus yang dapat Anda download berikut ini.

Recognizing Lady Finger Banana

Diantara berbagai jenis pisang yang dikenal luas di masyarakat Indonesia, pisang mas kirana merupakan salah satu jenis pisang yang mendapat tempat di hati masyarakat. Bahkan pisang jenis ini juga menjadi sajian di Istana Negara. Pisang jenis ini memiliki bentuk buah yang tidak terlalu Panjang, umumnya sekitar 9cm, dengan warna kulit kuning cerah. Pisang mas kirana awalnya dipelopori oleh masyarakat di daerah Lumajang, Jawa Timur, dan budidaya pisang ini mulai menyebar ke berbagai daerah di pulau Jawa.

Cultivation Prospects

Meskipun bertubuh mungil, pisang mas kirana merupakan salah satu jenis pisang memiliki harga jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Permintaannya yang semakin tinggi di pasar lokal, juga salah satu faktor yang membuat pisang mas kirana menjadi menarik untuk dibudidayakan.

Cultivation Risk

Dalam budidaya Pisang Mas di negara tropis seperti Indonesia dibutuhkan perlakuan yang khusus serta tepat agar resiko dapat ditekan. Mulai dari pembibitan dengan bibit unggul, serta kondisi lahan yang ideal. Secara umum hama yang sering menyerang tanaman jenis pisang adalah penggerek bonggol, kudis, larva penggulung daun, dan penggerek daun. Sedangkan untuk penyakit seringkali dijumpai Fusarium, Phytoptora, dan Botritis. Baik untuk hama dan penyakit, pencegahan dan penanggulangan dini.

SDD Farmers Group

Kelompok Tani SDD adalah mitra petani yang akan mengembangkan budidaya pisang mas di daerah Wonosari, Malang. Kelompok Tani ini memiliki 8 anggota kelompok dan memiliki pengalaman budidaya pisang mas selama 5 tahun. Didasari oleh pertimbangan rekam jejak yang baik dalam budidaya komoditas ini, TaniFund tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Kelompok Tani SDD.