Agriculture
Terlindungi
Lumajang's Cavendish Banana Cultivation - 12
Kab. Lumajang, Jawa Timur
15% Bunga (p.a)
Rp 828.600.000
dari Rp 828.600.000
Terdanai Penuh
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Tenor
6 bulan
(13 May 2022 - 30 October 2022)
TF S
4 program berhasil
Status
In Progress
Unit Tersedia
0 dari 8286 unit
Jangka Pengembalian
Monthly
Nilai Per Unit
Rp 100.000
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Jaminan proyek berjalan apabila dana terkumpul melebihi 75% dari target pendanaan
Rincian feasibility study, timetable, dan proyeksi laporan keuangan telah dirangkum dalam file prospektus yang dapat Anda download berikut ini.

Recognizing Cavendish Banana

Pisang cavendish merupakan salah satu jenis pisang yang banyak tumbuh di Indonesia. Permintaannya pun cukup tinggi. Maka dari itu, budidaya cavendish pun tampaknya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan saat ini. Jenis pisang ini juga dikenal dengan nama pisang ambon putih. Tanaman buah ini memiliki karakteristik batang berwarna hijau dengan tinggi sekira 2,5 sampai 3 meter. 

Cultivation Prospects

Satu tandan pisang terdiri dari 8-13 sisir dengan berat 15-30 kg dan panjang tandan sekira 60-100 cm. Ciri khas pisang ini memiliki rasa yang manis namun agak asam dan tekstur yang lunak, sangat disukai oleh masyarakat. Selain itu, buahnya juga memiliki warna putih kekuningan. Saat ini, permintaan akan buah cavendish cukup tinggi, sehingga hal ini menjadi ladang usaha yang menguntungkan bagi para pemilik kebun.

Cultivation Risk

Dalam budidaya Pisang Cavendish di negara tropis seperti Indonesia dibutuhkan perlakuan yang khusus serta tepat agar resiko dapat ditekan. Mulai dari pembibitan dengan bibit unggul, serta kondisi lahan yang ideal. Secara umum hama yang sering menyerang tanaman jenis pisang adalah penggerek bonggol, kudis, larva penggulung daun, dan penggerek daun. Sedangkan untuk penyakit seringkali dijumpai Fusarium, Phytoptora, dan Botritis. Baik untuk hama dan penyakit, pencegahan dan penanggulangan dini.

S3 Farmers Group

Kelompok Tani S3 merupakan salah satu dari beberapa kelompok tani di Lumajang, Jawa Timur. Diketuai oleh Ibu Anik Rahayu, kelompok tani yang beranggotakan 12 orang ini sudah terbentuk dari tahun 2012. Kelompok tani S3 juga sudah berpengalaman dalam budidaya pisang cavendish. Memiliki keinginan untuk meningkatkan kapasitas mereka dan memiliki akses atas pasar baru, serta rekam jejak mereka yang baik, maka TaniFund tertarik untuk menjalin kerjasama dengan mereka.