Agriculture
Terlindungi

Kuningan's Mushroom Cultivation - 3

Kab. Kuningan, Jawa Barat
15% Bunga (p.a)
Rp 420.700.000
dari Rp 420.700.000
Terdanai Penuh
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Tenor
4 bulan
(12 April 2022 - 09 August 2022)
TF AM
2 program berhasil
Status
In Progress
Unit Tersedia
0 dari 4207 unit
Jangka Pengembalian
Monthly
Nilai Per Unit
Rp 100.000
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Jaminan proyek berjalan apabila dana terkumpul melebihi 75% dari target pendanaan
Rincian feasibility study, timetable, dan proyeksi laporan keuangan telah dirangkum dalam file prospektus yang dapat Anda download berikut ini.

Recognizing Mushroom

Jamur tiram atau dengan nama latin Pleurotus ostreatus merupakan salah satu kelompok jamur yang sudah banyak dikenal karena bentuk dan ukuran tubuh buahnya yang sangat familiar di masyarakat. Ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang yang bagian tengahnya agak cekung. Jamur tiram sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom dan merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dimakan (edible) serta memiliki rasa yang cukup khas. Jamur tiram tumbuh optimal pada kayu lapuk yang tersebar di dataran rendah sampai lereng pegunungan atau kawasan yang memiliki ketinggian antara 600 m-800 m diatas permukaan laut. Miselium dan tubuh buahnya tumbuh dan berkembang baik pada suhu yang lembab berkisar pada 26-30 °C.

Cultivation Prospects

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi yang kaya akan vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak, dan protein. Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai anti bakterial dan anti tumor. Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram maka bahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi.

Cultivation Risk

Serangan serangga atau lalat terhadap jamur sangat besar. Permasalahan hama penyakit dapat teratasi dengan menjaga kebersihan tempat, penggunaan pestisida atau feromon (cairan hormon perangkap hama). Selain itu, tempat tumbuh jamur selalu terjaga kelembabannya. Pasalnya, untuk menunjang tumbuhnya badan jamur, dibutuhkan kelembaban yang tinggi.

AM Farmers Group

Kelompok Tani AM merupakan kelompok tani yang berada di daerah Jawa Barat. Kelompok tani ini sudah berdiri sejak tahun 2017 dengan 5 orang anggota kelompok. Kelompok tani yang sudah berpengalaman dalam melakukan budidaya jamur tiram ini melakukan budidaya di atas lahan seluas 0.2 Ha. Berdasarkan pengalaman kelompok tani ini maka TaniFund tertarik untuk melakukan kerja sama.