Agriculture
Terlindungi

Kebumen's Vanilla Cultivation - 6

Kab. Kebumen, Jawa Tengah
12% Bunga (p.a)
Rp 491.600.000
75% project threshold
dari Rp 951.800.000
4602 dari 9518 unit
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Tenor
2 bulan
(24 April 2022 - 23 June 2022)
TF JVM
5 program berhasil
Status
In Progress
Unit Tersedia
4602 dari 9518 unit
Jangka Pengembalian
Monthly
Nilai Per Unit
Rp 100.000
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Jaminan proyek berjalan apabila dana terkumpul melebihi 75% dari target pendanaan
Rincian feasibility study, timetable, dan proyeksi laporan keuangan telah dirangkum dalam file prospektus yang dapat Anda download berikut ini.

Recognizing Vanilla

Vanili merupakan tanaman yang buahnya bernilai ekonomi tinggi dan dapat digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman. Vanili banyak digunakan sebagai bahan pembantu industri makanan dan pewangi obat-obatan, (flavour and fragrance ingredients). Sehingga, kebutuhannya cukup tinggi di pasaran.

Cultivation Prospects

Vanili merupakan salah satu komoditas ekspor rempah yang penting bagi peningkatan devisa negara. Permintaannya yang tinggi dan harga jual yang sangat tinggi di pasar lokal maupun internasional, juga salah satu faktor yang membuat vanili  menjadi menarik untuk dibudidayakan.

Cultivation Risk

Dalam budidaya vanili, kondisi lingkungan sangat menentukan sehingga dibutuhkan perlakuan yang khusus serta tepat agar resiko dapat ditekan. Daerah yang sesuai untuk budidaya vanili harus berada pada ketinggian 1-700 mdpl, bulan kering 2-4 bulan, temperatur 23-26 C, dan kelembaban 50-75%. Hama utama Vanili adalah bekicot dan ulat. Sedangkan untuk penyakit seringkali dijumpai Fusarium sp. dan Trichoderma sp. Baik untuk hama dan penyakit, pencegahan dan penanggulangan dini selalu dilakukan secara berkala.

JVM Farmers Group

Kelompok Tani JVM adalah kelompok tani yang sudah berdiri sejak tahun 2015. Kelompok tani ini memiliki lahan dengan luas total 2 hektar berlokasi di Jawa Tengah. Selama ini, mereka melakukan pembudidayaan vanili dengan modal sendiri. Namun sekarang bersama TaniFund, mereka berharap usaha pembudidayaan vanili mereka bisa berkembang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dengan menyediakan peluang pekerjaan. Didasari dengan pertimbangan rekam jejak yang baik serta pengalaman budidaya kelompok tani ini, maka TaniFund tertarik untuk menjalin kerjasama dengan mereka.