Agriculture
Terlindungi
Cianjur's Papaya Cultivation - 2
Kab. Cianjur, Jawa Barat
17% Bunga (p.a)
Rp 500.400.000
dari Rp 500.400.000
Terdanai Penuh
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Tenor
8 bulan
(30 April 2022 - 26 December 2022)
TF SMA
2 program berhasil
Status
In Progress
Unit Tersedia
0 dari 5004 unit
Jangka Pengembalian
Monthly
Nilai Per Unit
Rp 100.000
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Jaminan proyek berjalan apabila dana terkumpul melebihi 75% dari target pendanaan
Rincian feasibility study, timetable, dan proyeksi laporan keuangan telah dirangkum dalam file prospektus yang dapat Anda download berikut ini.

Recognizing Calina Papaya

Pepaya (Carica papaya) merupakan buah-buahan tropis. Budidaya pepaya bisa dilakukan di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter dari permukaan laut. Namun ketinggian lahan optimalnya berkisar 50-700 meter dpl. Tanaman ini menghendaki curah hujan sekitar 1000-2000 mm per tahun yang merata sepanjang tahun. Di daerah bermusim kering pohon pepaya masih bisa berbuah dengan bantuan penyiraman teratur.

Cultivation Prospects

Di Indonesia sendiri, pepaya menjadi buah yang paling diminati setelah pisang. Keunggulan lainnya adalah kemampuan tanaman ini untuk berbuah sepanjang masa tanpa mengenal musim. Juga buahnya tetap dapat memiliki rasa manis meskipun ditanam di daerah yang kurang subur. Sehingga tanaman ini biasa digunakan untuk memaksimalkan tanah marginal yang kurang produktif, menjadi tanah produktif yang menghasilkan keuntungan ekonomi.

Cultivation Risk

Meskipun pemeliharaan nya yang tidak terlalu membutuhkan perhatian khusus, perlu dicermati bahwa pemilihan bibit sangatlah penting. Stok bibit haruslah dilebihkan 25% dari total bibit yang ditanam sebagai cadangan bila terdapat bibit yang mati karena penyakit atau hama. Kemudian penting diperhatikan bahwa tanaman ini tidak terlalu suka dengan pengairan yang berlebihan. Pemupukan juga harus dilakukan dengan pola yang tepat agar hasil panennya dapat maksimal.

SM Farmers Group

Kelompok Tani SM merupakan kelompok tani yang berada di daerah Jawa Barat. Kelompok tani ini sudah berdiri sejak 9 tahun lalu dengan 6 orang anggota kelompok. Kelompok tani ini sudah berpengalaman dalam melakukan budidaya buah pepaya dan budidaya lainnya seperti terong, cabe, melon dan semangka. Kelompok tani ini melakukan budidaya di atas lahan seluas 4 Ha. Berdasarkan pengalaman kelompok tani ini maka TaniFund tertarik untuk melakukan kerja sama.