Agriculture
Terlindungi

Banyuwangi's Cavendish Banana Cultivation - 9

Kab. Banyuwangi, Jawa Timur
16% Bunga (p.a)
Rp 467.200.000
dari Rp 467.200.000
Terdanai Penuh
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Tenor
6 bulan
(17 April 2022 - 14 October 2022)
TF O
8 program berhasil
Status
In Progress
Unit Tersedia
0 dari 4672 unit
Jangka Pengembalian
Monthly
Nilai Per Unit
Rp 100.000
Asuransi Pendanaan
Proyek ini sudah diasuransikan oleh TaniFund.
Perlindungan oleh: PasarPolis
Selengkapnya
Perhatian
Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh pendana. Mohon mempelajari risiko pendanaan sebelum mendanai.
Jaminan proyek berjalan apabila dana terkumpul melebihi 75% dari target pendanaan
Rincian feasibility study, timetable, dan proyeksi laporan keuangan telah dirangkum dalam file prospektus yang dapat Anda download berikut ini.

Recognizing Cavendish Banana

Pisang cavendish dikenal sebagai pisang yang menjadi salah satu komoditas favorit di pasar dunia. Pisang berwarna kuning bersih ini memiliki banyak kandungan gizi. Seperti riboflavin, mangan, vitamin A, vitamin B6, niacin, serat, protein, vitamin C, besi, kalium, folat, dan magnesium. Ciri-ciri dari pisang cavedish adalah kulit buah yang tebal berwarna hijau kekungingan sampai kuning muda halus, batang berwarna hijau dengan tinggi sekitar 2,5 sampai 3 meter dan rasa khas yang manis serta buahnya memiliki warna putih kekuningan.

Cultivation Prospects

Tanaman holtikultura pisang Cavendish merupakan komoditas khas daerah tropis. Sebagai daerah tropis, Indonesia tentu saja berpeluang besar meraup keuntungan dari pengembangan pisang Cavendish. Pisang cavendish banyak dikembangbiakkan dengan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense. Rasa yang khas dan lezat membuat pisang ini banyak diminati dimasyarakat sehingga permintaanya cukup tinggi.

Cultivation Risk

Salah satu kendala dalam budidaya pisang adalah serangan penyakit. Hama dan penyakit tanaman pisang relatif tidak terlalu banyak, namun beberapa penyakit bisa menimbulkan kerugian serius. Serangan yang paling umum diantaranya layu fusarium, layu bakteri dan kerdil.

OK Farmers Group

Kelompok Tani OK merupakan kelompok tani yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Kelompok tani ini terdiri dari 16 orang anggota yang telah berpengalaman selama lebih dari 6 tahun dalam melakukan budidaya pisang cavendish. Berdasarkan pengalaman kelompok tani ini dalam melakukan budidaya pisang cavendish maka TaniFund tertarik untuk melakukan kerja sama.