Modal Usaha Angkringan & Strategi Membangunnya

Modal usaha angkringan sangat bervariasi, bergantung dengan konsep angkringan yang ingin kamu bentuk. Sama seperti usaha pada umumnya, hal tersebut disesuaikan dengan bentuk, lokasi, konsep yang akan Anda terapkan. 

Sebelum lebih jauh untuk memikirkan modal usaha angkringan. Yuk, kenali dulu asal usul angkringan secara singkat. Jadi, angkringan dalam bahasa Jawa ”angkring” berarti duduk santai dengan melipat satu kaki di kursi. Nah, jadi pas kan? Kalau jenis usaha yang satu ini biasanya diidentikan dengan warung gerobak atau tenda sederhana dengan tempat duduk lesehan. 

Bicara harga, sudah pasti ini hal yang sangat bervariasi berdasarkan lokasi hingga menu yang ditawarkan. Namun, jika bicara mengenai makanan angkringan pasti tidak lepas dari menu makanan dengan harga yang terjangkau

Contohnya saja ada nasi kucing, telur puyuh, gorengan, usus, jamur, tempe bacem, dan masih banyak lagi menu lezat lainnya. Tertarik untuk memiliki usaha yang satu ini? Yuk, simak info mengenai angkringan dan yang terkait dengan prospek dan modal usaha angkringan berikut ini! 

Prospek Usaha Angkringan

Angkringan merupakan usaha yang sederhana namun bisa meraup keuntungan besar. Angkringan saat ini menjadi usaha yang sedang menjamur di kalangan masyarakat. Banyak yang membuka angkringan untuk jualan makan malam pinggiran di sekitar kompleks perumahan, daerah-daerah kecil dan pusat kota. 

Angkringan pinggir jalan saat ini lebih laris daripada warung angkringan yang khusus membuka lapak seperti kedai restoran. Bagi Anda yang ingin membuka usaha makanan pinggiran, angkringan cocok untuk Anda coba. Meskipun sederhana, angkringan memiliki prospek yang baik dan bukan peluang usaha musiman yang hanya ramai dalam beberapa bulan.

Tips Membuat Usaha Angkringan

1. Pilih Lokasi Usaha yang Tepat

Keberadaan lokasi usaha tentu akan sangat berpengaruh terhadap usaha yang akan Anda dirikan. Apalagi jika ini adalah usaha awal Anda dan belum banyak yang mengenalnya. Dengan lokasi usaha yang strategis akan memudahkan usaha Anda dilirik semakin banyak orang. 

Pilihan lokasi juga bisa membantu angkringan Anda untuk menyesuaikan harga. Tentu saja, jika memiliki angkringan di dekat kos-kosan pusat kota dengan tarif harga yang murah akan membuat pengunjung semakin banyak. Namun, sebaliknya jika meningkatkan harga sedikit lebih tinggi pun tidak jadi masalah. Perhatikan saja mana yang mampu memberi Anda keuntungan yang potensial, ya! 

Terkait dengan hal ini Anda disarankan untuk memilih lokasi yang banyak dilewati oleh orang-orang. Misalnya saja di pinggir jalan raya, dekat dengan pusat perbelanjaan atau kota, atau berada di daerah yang sering menjadi tempat tongkrongan anak muda. Selamat mencari, ya! 

2. Berikan Fasilitas yang Nyaman

Dalam menentukan modal usaha angkringan, tentunya harus disesuaikan dengan fasilitas pendukung yang akan Anda berikan. Fasilitas tersebut akan sangat berpengaruh terhadap minat mereka. Semakin lengkap fasilitas yang Anda tawarkan, semakin besar pula minatnya untuk mengunjungi angkringan Anda. 

Salah satu jenis fasilitas yang bisa Anda berikan adalah WiFi gratis. Dengan tersedianya WiFi gratis, pengunjung akan betah berlama-lama di angkringan Anda. Lama waktu tersebut juga tentu akan mempengaruhi banyaknya menu makanan yang mereka pesan. 

Nah, yang selanjutnya ada LCD dan proyektor. Pernahkah Anda melihat sekumpulan anak muda sedang nobar (nonton bareng) di tempat makan? Entah itu bulu tangkis, sepak bola, pertandingan gulat, dan sejenisnya.  Anda bisa menggunakan sejumlah modal usaha angkringan Anda untuk menyediakan fasilitas tersebut. Angkringan Anda tentu akan semakin ramai. 

Apalagi jika sedang musim pertandingan olahraga ataupun gulat. Menarik bukan? Bisnis memang tidak harus selalu besar dan keren di awal, Anda hanya perlu menjadi lebih kreatif dan tidak pernah berhenti berksperimen! 

3. Hadirkan Variasi Menu

Menu utama yang biasanya ada di angkringan adalah nasi kucing, gorengan, gudeg, wedang jahe, telur puyuh, dan sejenisnya. Namun, Anda juga bisa loh menyediakan menu-menu yang out of the box. Hal ini tentunya akan membuat usaha angkringan Anda unik dan berbeda dari yang lain. Ingat soal rasa yang berkualitas tentu bisa membuat bisnis Anda jauh lebih baik! 

Variasi menu juga terbukti membuat bisnis Anda menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satunya adalah dengan menghadirkan menu ayam geprek. Jenis menu yang satu ini sedang menjamur di berbagai kalangan. Selagi mendirikan angkringan, Anda juga bisa mengembangkan usaha ayam geprek dalam satu tempat. 

4. Pasang Harga yang Terjangkau

Angkringan pada umumnya diperuntukkan bagi kalangan menengah kebawah. Hal itu tidak lain karena harganya yang sangat terjangkau alias murah. Maka dari itu, penting sekali untuk Anda menetapkan harga yang sesuai dengan target pasar. 

Angkringan juga memiliki ciri khas sederhana. Tentunya hal ini berbanding lurus dengan harga makanan yang ada. Jika harga makanan di usaha angkringan Anda lebih tinggi dari harga normal, bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan banyak pelanggan.

5. Perhatikan Kebersihan Sekitar

Lokasi tempat makan yang kotor dan jorok tentu akan mengurangi minat dan selera makan pengunjung. Untuk itu Anda wajib memperhatikan kebersihan lokasi usaha Anda. Sediakanlah tempat sampah di setiap sudut agar memudahkan pengunjung untuk membuang sampah. 

Eits, jangan lupa ya di era pandemi seperti ini Anda juga harus memastikan karyawan Anda menyajikan makanan dalam keadaan higienis. Jangan lupa memakai masker saat sedang memasak makanan dan cuci tangan sesering mungkin. 

6. Strategi Promosi Usaha

Di era digital yang semakin canggih ini, Anda bisa memasarkan usaha angkringan Anda melalui berbagai macam platform. Anda bisa menggunakan jasa influencer atau sosial media.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan diskon atau potongan harga terhadap setiap pengunjung yang membuat IG story mengenai usaha Anda. Dengan begitu usaha angkringan Anda akan semakin dikenal. Ini adalah salah satu strategy marketing yang marak digunakan saat ini.

Selain dengan internet, promosi dari mulut ke mulut juga terkenal menjadi promosi yang ampuh. Buatlah suasana angkringan yang nyaman dan asik untuk nongkrong. Dengan begitu mereka akan kembali lagi dengan mengajak teman-temannya

Orang-orang yang merasa puas dengan menu makanan dan merasa nyaman, mereka akan menceritakannya ke orang-orang terdekatnya. Dengan begitu kekuatan mulut ke mulut akan membuat usaha angkringan Anda tidak pernah sepi pengunjung. Akan selalu saja ada pengunjung yang datang.

7. Tonjolkan Menu Andalan 

Biasanya  satu tempat dapat dikenal karena memiliki spesialisasi yang berbeda dengan tempat yang lainnya. Jadi, jika memungkinkan Anda untuk membuat flyer atau banner dengan menonjolkan menu utama yang Anda jual. Maka, ini akan menjadi daya tarik orang untuk mencoba. Lalu, selalu ingat untuk tetap konsisten dari waktu ke waktu, ya! 

8. Makin Cuan, Siapkan Harga Paketan! 

Yap tentu saja bundling package ini seringkali dijadikan menu pilihan karena dinilai lebih hemat dan tidak ribet. Sama halnya seperti masakan padang misalnya “menu makanan serba 15 ribu”. Dengan adanya paketan ini, pelanggan akan terbiasa untuk menjadikan angkringan Anda menjadi pilihan untuk menu makan budget jika sewaktu-waktu mereka membutuhkan. Jangan sepelekan menu budget ini, karena bisa saja Anda dapat meraih keuntungan dengan pilihan harga paketan. Anda bisa memaksimalkan menu makanan untuk dibelanjakan setiap harinya, sehingga Andapun dapat menghindari menu makanan yang kurang laku. 

9. Free Flow Minuman, Nasi atau Lauk Tertentu 

Model penawaran seperti ini bisa Anda coba, dengan menambahkan strategi pemasaran gratis tambah minuman atau nasi. Namun, perhatikan dengan baik sejak awal seperti apa limit dari setiap orang saat makan. Riset membuktikan bahwa setiap orang memiliki kemampuan batas untuk makan. 

Sehingga, bisa dipastikan Anda tidak akan merugi. Menghindari rugi, Anda bisa membuka angkringan hanya dalam beberapa jam saja, sehingga ini dapat menjadi informasi penting bagi orang yang hendak berkunjung kedepannya. 

10. Lakukan Iklan & Publisitas 

Sebenarnya melakukan iklan secara online bukanlah hal yang sulit. Namun, pertanyaannya bagaimana saya harus beriklan dan berapa budget yang harus saya keluarkan? Terkesan tabu, namun Anda bisa menyempatkan waktu untuk membuat jejak digital melalui sosial media, cukup memastikan Anda memiliki foto lokasi, alamat lokasi dan nomor telepon serta nama angkringan yang sudah sesuai. Lakukan iklan berdasarkan tempat dimana Anda membangun usaha, berikan iklan yang sifatnya promo. Tentunya yang mengandung unique selling point atau istilahnya keunggulan angkirangan Anda. Misalnya, harga murah khusus saat pertandingan bola atau event-event tertentu. Mudah bukan? Kuncinya adalah Anda yakin dan bersemangat saat memulai membangun usahanya, ya! 

Berapa Modal Usaha Angkringan? 

Menurut berbagai riset dan pencarian yang dilakukan, ternyata modal memulai bisnis usaha angkringan ini dapat dimulai dari modal dana Rp 5 juta saja. Dengan modal ini, Anda sudah bisa memiliki gerobak dan mengisinya dengan bahan-bahan makanan. Biasakan untuk mengisi kebutuhan bahan makanan dimulai dari yang paling umum dan dibutuhkan. Jika angkringan semakin maju, maka kedepannya Anda bisa menambahkan menu-menu pilihan lainnya. Untuk itu sejak awal, Anda wajib memperhatikan menu-menu apa saja yang wajib ada dalam angkringan. 

Memulai usaha angkringan tergolong mudah teman-teman, hanya saja terkadang kita mengalami kendala dalam pendanaan bukan? Jika demikian, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman modal usaha angkringan Anda ke TaniFund. Segera susun perencanaan dan ajukan pendanaan dan dapatkan pinjaman modal usaha

Tanifund adalah platform P2P lending yang mempertemukan para peminjam dan pendana khususnya dalam sektor pertanian, peternakan hingga UMKM pangan. Dengan adanya platform P2P lending ini, Anda bisa memaksimalkan pengelolaan dana usaha Anda. Jadi sukses itu mudah bukan! Yuk, sukseskan usaha angkringan Anda dengan dana dari TaniFund, jangan ragu karena tim TaniFund diperlengkapi dengan para instruktor bisnis yang akan membantu pendampingan pengerjaan bisnis Anda! 

Jangan lupa, baca juga berbagai tips budidaya pertanian dan berbagai tips cara memulai bisnis UMKM hingga artikel informatif lainnya hanya di TaniFund Blog. Tentunya berbagai artikel informatif yang kami sajikan dapat memperkaya wawasan serta pemahaman Anda mengenai pertanian, peternakan, hingga bisnis Anda!