Soft skill adalah kemampuan seseorang wajib dikembangan untuk mempermudah seseorang dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Istilah soft skill sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan seseorang dalam mengatur waktu dan mendelegasikan tugas tanpa menyakiti perasaan rekan kerja adalah bagian dari soft skill juga. 

Nah, untuk membantu Anda menjadi lebih produktif dengan waktu dan pekerjaan. Pada artikel kali ini, TaniFund telah menyiapkan berbagai hal serta informasi terkait dengan soft skill. Mulai dari tipe, cara mendapatkan, hingga cara mengasah soft skill dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, baca hingga tuntas di bawah ini!

Apa Itu Soft Skill?

Soft skill adalah berbagai sifat maupun karakter serta keterampilan interpersonal yang tertanam pada diri seseorang. Biasanya soft skill dipengaruhi oleh hubungan seseorang dengan orang lain atau pun lingkungannya. Soft skill sendiri merupakan pelengkap dari hard skill yang sudah dimiliki oleh setiap individu. Biasanya soft skill mengacu pada beberapa keterampilan yang berasal dari kecerdasan emosional seseorang (EQ).

Itulah mengapa soft skill cenderung berasal dari kemampuan interpersonal seseorang, seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan mendengar dan memahami, kemampuan memanajemen waktu dan prioritas, hingga ke rasa empati.

Berdasarkan informasi yang dimuat dalam The Balance Careers, soft skill dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Soft skill juga dapat menggambarkan kecerdasan sosial serta karakteristik dari masing-masing individu. Itulah mengapa banyak perusahaan yang mencari orang dengan soft skill yang baik.

Pentingnya Soft Skill

Soft skill adalah keterampilan yang sangatlah berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia kerja, dimana setiap individu memerlukan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik. Hampir seluruh aplikasi pekerjaan memerlukan serta mencari pegawai ataupun karyawan dengan soft skill yang mumpuni.

Dengan memiliki soft skill yang baik, Anda dianggap akan lebih mudah dalam beradaptasi serta pada lingkungan kerja yang baru. Selain itu, soft skill juga sangat bermanfaat bagi Anda yang bekerja dan langsung berhadapan dengan customer atau pelanggan. Kemampuan dalam mendengar segala keluhan ataupun kritik dari pelanggan sangat penting untuk dimiliki, dengan begitu Anda dapat memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Contoh-Contoh Soft Skill

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, soft skill merupakan seluruh kemampuan yang mencakup segala sifat serta karakteristik setiap individu. Kemampuan tersebut nantinya akan berpengaruh dalam interaksi serta hubungan setiap individu dengan individu lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh soft skill yang umum ada pada setiap individu:

1. Kemampuan Beradaptasi

Orang yang mampu dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru biasanya akan lebih menerima berbagai macam perubahan dalam hidupnya. Beberapa contoh sifat yang tergolong dalam kemampuan beradaptasi, antara lain sifat optimisme, fleksibilitas dan konsistensi. 

2. Manajemen Waktu

Kemampuan seseorang dalam melakukan manajemen waktu merupakan salah satu soft skill yang penting untuk dimiliki saat ini. Terutama jika Anda berada dalam lingkungan kerja yang sangat sibuk. Dengan mampu melakukan manajemen waktu, Anda akan lebih mampu dalam membuat prioritas serta mengerjakan seluruh pekerjaan dengan lebih efektif. Saat pandai mengelola prioritas, Anda akan menjadi lebih produktif dalam mencapai tujuan. 

3. Kemampuan Berkomunikasi

Sudah tidak bisa dipungkiri, komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang paling penting bagi setiap individu. Meskipun beberapa orang memang sudah terlahir dengan bakat berkomunikasi, namun ternyata kemampuan ini juga dapat dilatih dan dikembangkan, lho!

Berikut ini adalah beberapa kemampuan dasar yang bisa Anda latih untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi yaitu komunikasi verbal, non-verbal, presentasi, berorganisasi, story telling hingga bernegosiasi, Namun hal yang tak kalah penting adalah saat kemampuan berkomunikasi meningkat maka tingkat kepercayaan diri Anda untuk tampil di depan publik semakin meningkat. 

4. Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Individu dengan soft skill yang satu ini banyak menjadi incaran di berbagai perusahaan. Kemampuan tersebut menjadi ciri orang yang mampu menyelesaikan berbagai macam pekerjaan serta tanggung jawab yang diberikan padanya dengan baik dan tepat waktu. Soft skill yang satu ini mencakup berbagai kemampuan yang mendukung Anda untuk mencapai kreativitas yang tinggi, manajemen risiko, bekerja sama, berpikir kritis dan melakukan riset. 

5. Memiliki Sifat Kepemimpinan (Leadership)

Sifat kepemimpinan merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki bagi semua orang, terutama jika Anda adalah seorang pengusaha atau entrepreneur. Mengapa? Orang dengan kemampuan leadership tentu saja akan lebih mampu dalam membangun serta mengelola perusahaan ataupun bisnis. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sifat kepemimpinan yaitu Anda terlatih menjadi seorang eksekutor yang baik untuk memilih proyek yang baik. Eksekutor yang baik biasanya memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Selain itu Anda juga belajar untuk mendelegasikan tugas hingga tanggung jawab kepada rekan kerja. 

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill

Hard skill merupakan pengetahuan yang bisa didapatkan pada pendidikan formal, pelatihan, ataupun kursus. Lain halnya dengan soft skill yang hanya bisa didapatkan dari pengalaman hidup. Kebiasaan ataupun dari ilmu-ilmu yang memang tidak bisa didapatkan pada pendidikan formal seseorang. Untuk itu jika mampu, libatkanlah diri dalam suatu organisasi atau mengikuti volunteer untuk mengasah diri berpikir terstruktur secara sadar. 

Nah, jika hard skill ini merupakan jenis keterampilan yang dapat diukur dan biasanya didapatkan dari pendidikan atau pelatihan formal. Hard skill biasanya digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan atau tugas tertentu dengan sifat yang spesifik.

Sementara itu, soft skill merupakan jenis keterampilan yang berasal dari perilaku serta sifat interpersonal dari seorang individu yang berhubungan dengan interaksinya dengan orang lain dalam situasi ataupun kondisi tertentu.

Cara Mendapatkan & Mengasah Soft Skill

Seperti halnya hard skill, Anda juga dapat mengasah bakat ataupun kemampuan soft skill Anda secara rutin dan terstruktur. Beberapa cara ini bisa Anda coba untuk mengasah soft skill yang ingin atau sudah Anda miliki.

1. Amati dan Pilih Soft Skill yang Ingin Diasah

Untuk bisa meningkatkan soft skill pada diri Anda, niat adalah hal terpenting yang harus dimiliki sejak awal. Anda dapat memulai dengan mengamati soft skill yang dimiliki oleh orang-orang terdekat Anda. Saat Anda sudah tertarik akan suatu soft skill, barulah Anda bisa mulai melatih serta mengasahnya secara rutin.

2. Tetapkan Goals

Saat Anda telah berfokus dalam mengasah suatu soft skill, jangan lupa juga untuk memberikan goals. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengukur serta mengevaluasi perkembangan Anda secara rutin. Dalam proses ini, Anda juga bisa meminta saran ataupun kritik dari orang-orang terdekat Anda.

3. Belajar dari Berbagai Sumber

Di era yang serba online seperti saat ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan seluruh informasi yang Anda cari di internet. Tak terkecuali untuk mempelajari berbagai macam soft skill. Anda dapat menemukan cara-cara untuk mengasah soft skill pada berbagai macam website, blog, podcast, ataupun buku online.

Jadi Sahabat Tani, Kembangkan Soft Skill Mu! 

Kerja sampingan menjadi Sahabat Tani dengan menjadi penghubung para petani yang membutuhkan modal untuk membangun ladang dan pertanian mereka. Dengan adanya Sahabat Tani, kita dapat memaksimalkan perkembangan pertanian dan percepatan ketahanan pangan Indonesia secara global. Tidak hanya itu, Anda pun memiliki kesempatan untuk memajukan pertanian desa-desa di Indonesia. 

Sehingga petani Indonesia dapat meraih produktivitas hasil lahan yang tinggi. Tentu saja selain membantu para petani, Anda juga akan mendapatkan pembekalan seputar softskill dan insentif tambahan. Jadi, tunggu apa lagi mulai lebih produktif untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan dan ilmu! 

Pentingnya Soft Skill Untuk Masa Depan! 

Dengan memiliki berbagai macam soft skill, Anda akan lebih mampu dalam mengelola bisnis dan masa depan menjadi lebih baik. Saat memiliki keterampilan soft skill dengan baik, Anda menjadi lebih mengerti hal-hal seperti apa yang harus dihindari dan difokuskan. 

Bicara mindset yang baik semua datang dari pengalaman hidup yang membantu Anda memiliki jiwa yang kuat. Belajar dari berbagai pebisnis sukses, nyatanya tidak selamanya IQ bekerja lebih kuat dalam diri seseorang, banyak hal seperti EQ juga ya ternyata membuat seseorang resisten terhadap berbagai kesulitan. Jadi, tunggu apalagi mulai asah kemampuan soft skill Anda dan jadi lebih baik dalam bidangmu untuk raih masa depan yang gemilang!