Sebelum bisa mulai mencintai serta menyayangi diri sendiri, Anda terlebih dahulu harus memahami apa yang dimaksud dengan self love. Self love adalah istilah yang sedang sering terdengar di masyarakat, terutama bagi kaum-kaum millennial. Dilansir dari Medical News Today bahwa kemampuan untuk mencintai serta menyayangi diri sendiri merupakan kunci dari kesehatan mental serta mampu terhindar dari berbagai potensi penyakit seperti kecemasan hingga depresi.

Sebenarnya, untuk dapat menciptakan sebuah pola pikir serta keadaan psikologis yang positif, setiap orang harus mampu memulainya dari dalam diri sendiri. Self love bukan berarti Anda menjadi pribadi yang manja, namun menjadi pribadi yang memaksimalkan seluruh kelebihan dalam diri untuk menutupi berbagai kekurangan. Dengan begitu, seluruh pandangan Anda pada kehidupan serta lingkungan sekitar akan senantiasa menuju ke arah yang positif. Yuk, bersama-sama kulik lebih lanjut!

Self Love adalah Kunci Ketenangan

Self love adalah suatu keadaan atau kondisi dimana Anda memberikan penghargaan terhadap diri sendiri. Penghargaan tersebut dapat bernilai fisik, psikologis, ataupun bahkan spiritual. Self love juga berarti Anda menghargai serta selalu menjaga dan memikirkan kebahagiaan dan kesejahteraan diri sendiri.

Sebaiknya Anda tetap menjaga dan memberikan prioritas untuk kebutuhan Anda sebelum memikirkan atau menyenangkan orang lain. Jangan sampai Anda mengorbankan kesejahteraan diri Anda sendiri hanya untuk kepentingan atau kebahagiaan orang lain. Self love sendiri merupakan sesuatu yang berbeda untuk setiap orang karena tiap orang memiliki caranya masing-masing untuk bisa mendapatkan ketenangan serta kebahagiaan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mencari tahu seperti apa tipe atau cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan self love. Dengan lebih mengenal diri sendiri, Anda akan menjadi individu yang selalu berpikir positif dan kesehatan mental Anda pun akan selalu terjaga.

Aspek-Aspek Self Love

Dilansir dari Psychology Department BINUS University, kemampuan self love seseorang pada dasarnya dipengaruh oleh 4 aspek, yaitu self awareness, self worth, self esteem, serta self care. Keempat aspek tersebut memang tak bisa dipisahkan dan harus selalu Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Self Awareness

Aspek yang pertama adalah self awareness. Self awareness sendiri merupakan bentuk kesadaran diri sendiri akan pola serta proses berpikir dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mampu memahami diri sendiri, Anda akan lebih mampu untuk mengerti dan mengendalikan apa yang ada di dalam pikiran. Dengan begitu, Anda akan mampu untuk menangani berbagai situasi dengan lebih efektif dan terhindar dari kondisi-kondisi yang mungkin membuat Anda menjadi tidak nyaman.

2. Self-Worth

Aspek yang satu ini bisa dibilang sebagai salah satu bentuk keyakinan pada diri sendiri bahwa Anda juga berharga dan bernilai sebagai seorang individu. Anda harus bisa sadar bahwa diri Anda memiliki nilai yang berharga terlepas dari segala pencapaian atau target hidup yang mungkin masih belum tercapai.

3. Self Esteem

Aspek yang ketiga adalah self esteem. Aspek ini biasanya dapat meningkat nilainya dalam diri seseorang yang telah memiliki tingkat self worth yang baik, mengapa? Karena self esteem lebih mengarah ke rasa puas yang dimiliki setiap individu akan seluruh pencapaian serta target yang dimiliki dan telah dicapai dalam hidup.

4. Self Care

Dengan memiliki kemampuan self care, seseorang akan mampu mengambil tindakan ataupun keputusan yang tidak merusak kesehatan atau keamanan dirinya sendiri. Anda dapat memulainya dengan melakukan hal-hal sederhana seperti mendengarkan musik, menonton film kesukaan, hingga menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat.

Contoh-Contoh Self Love

Siapa bilang self love merupakan sesuatu hal yang mahal? Self love ternyata juga bisa dimulai dari berbagai hal kecil yang bisa Anda lakukan sehari-hari, lho!

  • Memberikan prioritas untuk diri sendiri.
  • Hindari untuk melakukan self-judgement.
  • Memberikan kepercayaan pada diri sendiri akan segala hal dalam hidup.
  • Bersikap baik, jujur, serta apa adanya pada diri sendiri.
  • Biasakan melakukan pola hidup yang sehat dan teratur dalam segala aspek kehidupan.
  • Memaafkan diri sendiri jika memang melakukan kesalahan.

Manfaat serta Pentingnya Self Love

Seseorang yang telah memiliki kemampuan untuk melakukan self love akan memiliki fondasi yang kuat dalam hidup dan bisa bersikap lebih tegas dan tenang dalam menjalani hidup. Tak hanya ketenangan, berbagai manfaat ini juga bisa Anda dapatkan saat mulai menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membiasakan Diri Sendiri untuk Hidup Sehat

Seseorang yang memiliki tingkat self love yang tinggi akan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi dirinya sendiri. Tak terkecuali dari sisi pola hidup. Anda akan lebih termotivasi dalam menjalani pola hidup yang sehat serta rutinitas olahraga yang lebih teratur ke depannya.

2. Memperoleh Kepuasan Hidup

Jika Anda telah menerapkan self love, Anda akan lebih mampu dan ikhlas untuk bisa menerima diri sendiri apa adanya. Anda akan memiiliki kontrol atas diri Anda sendiri, mulai dari hal-hal yang kurang menyenangkan hingga ke hal-hal yang menjadi target hidup Anda.

3. Meningkatkan Self Esteem

Cara Anda memandang serta melihat diri sendiri akan selalu bersifat positif jika Anda telah menerapkan self love. Anda akan lebih mampu menerima segala kekurangan serta kelebihan yang dimiliki. Dengan menerapkan self love, self esteem yang Anda miliki pun akan ikut meningkat sehingga akan lebih terhindar dari kemungkinan stres dan berbagai penyakit lainnya.

4. Mengurangi Risiko Berbagai Gangguan Mental

Gangguan ataupun penyakit mental memang biasanya berawal dari stres yang dirasakan seseorang karena tidak bisa menerima dirinya sendiri ataupun hal-hal yang terjadi dalam hidupnya. Dengan memiliki tingkat self love yang tinggi, Anda akan terhindar dari berbagai gangguan mental seperti kecemasan, depresi, anoreksia, hingga bulimia.

Cara Menerapkan Self Love dalam Kehidupan Sehari-Hari

Saat mengenal diri lebih baik, tentunya Anda semakin mempercayai diri untuk menjadi orang-orang yang lebih berprinsip. Dimana Anda menjadi lebih yakin untuk dapat mencapai sukses. Jadi menerapkan self love setiap harinya tentu akan membuat Anda menjadi lebih semangat menjalani hari. Nah, ini beberapa cara menerapkan self love sehari-hari! 

1. Belajar Lebih Mengenali Diri Sendiri

Self love tidak akan bisa Anda terapkan apabila Anda belum benar-benar mengenali diri Anda sendiri. Anda harus terlebih dahulu memahami siapa diri Anda, apa saja hal yang ingin Anda capai dalam hidup, apa saja yang menjadi ketakutan terbesar Anda selama ini. Setelah memahami diri sendiri dengan baik, tingkat self love Anda akan ikut meningkat secara perlahan.

2. Jangan Berfokus pada Orang Lain

Sifat manusia yang selalu ingin berkompetisi dengan orang lain memang terkadang menjadi pisau bermata dua. Dalam hal ini sebaiknya Anda lebih berfokus pada diri serta tujuan Anda sendiri dari pada sibuk untuk membandingkan diri serta pencapaian dengan orang lain. Cukup jadikan hal tersebut motivasi bagi diri Anda sendiri untuk bisa menjadi individu yang lebih baik.

Anda juga perlu mengingat bahwa Anda tidak bisa memuaskan seluruh orang dan memang bukan tanggung jawab Anda untuk memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Jangan terlalu sering juga mendengarkan pendapat orang lain, terutama pendapat-pendapat yang sifatnya destruktif. Anda hanya perlu fokus kepada diri sendiri serta target-target yang memang sedang Anda kejar.

3. Selalu Jaga Kesehatan Tubuh

Tak hanya dari sisi kesehatan mental, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan tubuh Anda secara fisik. Lakukanlah olahraga secara rutin, konsumsi makanan serta minuman dengan gizi yang seimbang, serta jangan lupa untuk beristirahat.

4. Bergaul dengan Orang yang Memberikan Pengaruh Baik

Hal yang mungkin jarang disadari adalah bahwa lingkungan sangat mempengaruhi kondisi serta perkembangan diri seseorang. Jika Anda berada pada lingkungan yang toxic, bukan tidak mungkin jika Anda akan terbawa menjadi individu yang toxic pula.

Oleh karena itu, pilihlah tempat serta kumpulan orang yang bisa memberikan pengaruh baik dalam diri serta hidup Anda.

Self Love dengan Membekali Diri! 

Self love yang baik seharusnya bisa membuat diri menjadi lebih kaya secara kepribadian maupun finansial. Jika kita sendiri bijak mengatur keuangan, maka dengan sendirinya hal-hal yang ada dalam hidup teman-teman menjadi lebih teratur dan efisien. Self love sering disalah artikan dengan gaya hidup yang berfoya-foya atau istilah reward

Namun, lebih dari hal itu ada hal yang melekat yang patut dibenahi yaitu karakter diri! Jadi, Sahabat Tani ketimbang lakukan healing yang belum tentu menambah kantong dan karakter, lebih baik ikut program kerja sampingan jadi Sahabat Tani!

Ada banyak soft skill yang akan kamu dapatkan, juga tentunya disertai insentif. Waktu muda, waktunya semangat dan melakukan hal-hal yang luar biasa untuk menggapai mimpi. Semangat selalu Sahabat Tani!