Cara Menabung 10 juta Dalam 3 Bulan 

cara-tabung-10-juta-dalam-3-bulan

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan sebenarnya tidaklah sulit untuk dicapai, asal Anda mengevaluasi keuangan dulu di awal. Seperti memastikan seberapa efektif Anda sejauh ini dalam menabung? Apakah Anda sudah siap dengan dana pensiun atau dana darurat? 

Bicara keuangan dan menabung, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan khususnya mendaptkan 10 juta dengan menabung selama 3 bulan. Tips ini cocok dan sesuai bagi Anda yang mampu menghasilkan penghasilan minimal di atas 5 juta setiap bulannya. Tapi jangan bersedih, untuk kalian yang masih muda dan belum punya penghasilan tentu saja kalian bisa mencari sumber lain yang bisa dijadikan sebagai penghasilan. Penasaran bagaimana cara membaginya? Yuk, simak tips dibawah ini!

1. Analisa Penghasilan 

Ingin menabung dengan efektif? Pastikan dulu berapa banyak penghasilan Anda saat ini. Jika ingin menabung sebesar 10 juta dalam waktu 3 bulan, asumsi terdekat adalah untuk menabung paling tidak 3 juta setiap bulannya. Agar lebih aman, pikirkan cara untuk menghasilkan paling tidak 5 juta setiap bulannya. 

Nah, jika Anda bingung bagaimana cara menghasilkan 5 juta setiap bulannya, tentu saja Anda bisa mengupayakan bisnis dengan keuntungan per hari yaitu 200 ribu. Ada banyak bisnis yang bisa Anda kembangkan, coba cek artikel TaniFund mengenai usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Jika Anda sudah menemukan ide hendak berjualan atau mencari lapangan bisnis baru untuk mendapatkan uang 200 ribu setiap harinya. Maka, kunci selanjutnya adalah mulai bertekad, menjaga konsistensi hingga meningkatkan penghasilan, ya!

2. Bagi Persentase Pengeluaran 

Sudah kenal dengan cara atau sistem pembagian uang 50/30/20 atau 80/20? Menurut Senator Elizabeth Warren ada baiknya jika mengalokasikan pembagian keuangan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan dan 20% dialokasikan untuk menabung. Sama halnya dengan 80/20, 80% dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari dan 20% untuk menabung. Berapapun penghasilan Anda, ingat untuk selalu sisakan paling tidak 20% untuk ditabung agar Anda memiliki simpanan ketika ada keadaan daruratyang menimpa.

Jika Anda memiliki gaji UMR, akan lebih bijak jika Anda mengalokasikan sebagian dari pengeluaran Anda yang tersisa untuk diinvestasikan ke dalam instrumen investasi. Pastikan keuangan sudah aman ketika mencoba untuk berinvestasi, paling tidak Anda menggunakan uang dingin. Jangan lupa untuk melakukan analisis pertumbuhan serta bulannya lewat bunga. 

Jika memang Anda memiliki modal terbatas, maka ada baiknya menabung atau berinvestasi pada platform dengan bunga return yang besar. Namun, perlu diingat prinsip dałam berinvestasi pada bunga tinggi sudah pasti High Risk High Value

Salah satu instrumen yang dapat dipertimbangkan jika memiliki modal minim adalah P2P lending seperti TaniFund, yang bisa mulai mendanai mulai dari Rp 100 ribu dengan bunga hingga 18% p.a.

3. Pikirkan Pensiun Sedini Mungkin

Memikirkan pensiun sedini mungkin adalah salah satu cara yang ampuh untuk mendorong Anda menabung. Hal ini akan membawa Anda memikirkan cara efektif dalam memaksimalkan penghasilan hingga cara tepat untuk menabung dan berinvestasi. 

Apa perbedaan menabung sedini mungkin dibandingkan dengan menabung di hari kemudian? Semakin usia Anda bertambah, maka tidak jarang kebutuhan akan semakin meningkat. Menabung sedikit demi sedikit setiap bulannya akan jauh menghasilkan compounding effect yang lebih besar pada portofolio saham atau instrumen keuangan Anda, dibandingkan berinvestasi langsung dengan uang yang besar suatu saat nanti.

Tentu saja margin dan keuntungan yang diperoleh akan lebih Anda rasakan jika Anda menabung sejak awal. Jadi, ketika Anda masih di usia 20 tahun bijaklah untuk mulai menabung dan memfokuskan diri untuk menyiapkan masa pensiun. Hal ini juga mendorong Anda untuk mempertajam value diri agar bisa mendapatkan penghasilan lebih. 

4. Edukasi Diri dengan Pajak 

Mengedukasi diri dengan pajak adalah satu hal yang patut Anda lakukan sejak usia 20 tahun. Mengapa demikian? Sadar atau tidak, apapun yang hendak Anda beli dan konsumsi, semuanya terikat oleh pajak dan tidak jarang pajak ini pun mengikat Anda. 

Salah satu contohnya adalah pajak kendaraan hingga barang-barang elektronik dan pakaian. Ingatkan diri untuk mengontrol pengeluaran dengan membeli barang-barang yang memang bermanfaat dan membantu Anda menjadi lebih baik ataupun produktif. 

5. Berhenti Lakukan Kredit Konsumtif 

Untuk Anda yang sangat mudah bergantung pada kartu kredit, mulai lepaskan kebiasaan buruk ini jika Anda ingin menabung dan lebih berhemat. Kartu kredit seharusnya tidak digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari, mengapa? Saat Anda melunasinya, Anda wajib membayarkan bunga setiap bulannya. Untuk itu Anda perlu berhati-hati jika tidak bisa konsisten membayarnya, ini akan sangat merugikan keuangan tentunya karena wajib membayar dengan jangka waktu yang panjang. 

6. Investasi Pada Diri Sendiri 

Investasi pada diri sendiri adalah hal yang wajib Anda utamakan, khususnya melibatkan diri dalam mengikuti pendidikan, bakat hingga berbagai pelatihan. Hal ini tentu sangat membantu Anda dalam karir, nilai diri dan tentu mempengaruhi pengalaman dan kredibilitas Anda dalam industri tempat Anda bekerja. 

Selain berinvestasi pada pengalaman dan edukasi, kesehatan juga adalah hal yang paling penting untuk dijaga. Ada banyak orang yang menyesal, karena pada akhirnya tidak menjaga kesehatan dan justru mengeluarkan uang demi kesehatan. Maka dari itu memiliki asuransi dan menjaga kesehatan itu adalah hal yang penting.

7. Alokasi Investasi yang Tepat 

FOMO atau yang disebut dengan Fear of Missing Out ini menjadi hal-hal yang patut dihindari saat Anda hendak berinvestasi atau mengalokasikan uang Anda. Melakukan analisa dengan tepat, memperhatikan inflasi dan menganalisa instrumen keuangan yang Anda pilih atau gunakan sebelum melakukan investasi adalah langkah yang wajib dilakukan. Berhati-hati untuk berinvestasi pada platform yang belum terdaftar, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Kenali profil perusahaan hingga memahami alokasi investasi. Dengan begini, Anda sebagai investor tentu akan merasa lebih percaya dan nyaman ke depannya, karena tidak perlu khawatir dengan nilai fluktuatif atau bahkan sudah bisa menerima kerugian yang ditimbulkan. Untuk itu, ketika berinvestasi gunakanlah uang dingin. Hal ini ibaratnya seperti uang yang tidak memiliki fungsi krusial untuk kebutuhan Anda.

8. Perhatikan Alokasi Uang Jajan atau Makan Siang

Cara menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan yang paling sering diabaikan oleh banyak anak muda adalah kurang memperhatikan alokasi uang jajan atau makan siang. Sadar atau tidak sadar, meskipun sifat pengeluarannya tidak terlalu besar saat Anda melakukan pembelian. Namun jika Anda mencatat pengeluaran setiap bulannya, tentu sedikit banyaknya Anda akan mendapati pengeluaran yang kurang berguna. Ingat Latte Effect?

9. 30 days Rule 

Menerapkan 30 Day Rule sebagai salah satu trik finansial ini membantu Anda mengontrol pikiran impulsif saat hendak membeli sesuatu. Langkah yang diambil adalah menunda selama 30 hari untuk membeli sesuatu yang baru. Hal ini berfungsi untuk mengajak Anda berpikir apakah sesuatu yang hendak Anda beli benar Anda butuhkan atau Anda hanya sekadar meinginkannya. Karena tidak jarang, setelah 30 hari menahan, Anda bisa saja sudah melupakan produk tersebut. 

10. Habit 

Jika sudah membiasakan melakukan kegiatan di atas, Anda tentu saja akan semakin baik dalam membangun mindset hingga habit dan sistem yang baik dalam diri Anda. Terutama ketika menggunakan uang, secara tidak sadar kedepannya Anda akan terbiasa untuk menganalisa seberapa penting dan perlunya membeli. Setidaknya ada harga yang patut Anda pikirkan ketika membeli atau membuang waktu dan uang Anda.  

Lakukan Evaluasi Keuangan, Gunakan Voucher Pendanaan TaniFund untuk Mulai Mendanai!

Pemikiran bebas finansial sejak dini adalah hal yang wajib dipupuk bagi kita generasi muda. Tentu saja mengembangkan keuanganmu pendanaan saat ini sudah bukan hal yang sulit. Evaluasi keuangan Anda dan tetapkan resolusi target pencapaian di tahun 2022 untuk tabungan masa depan. Ingat usia muda harusnya digunakan secara produktif, pikirkan dengan matang bagaimana Anda ingin menikmati masa pensiun nantinya!

TaniFund adalah salah satu platform P2P Lending yang dapat mengakomodir alokasi pendanaan Anda. Tidak perlu rumit, karena Anda bisa mulai melakukan pendanaan mulai dari Rp100.000 saja. Kisaran bunga yang bisa Anda terima berkisar hingga 18% p.a. Sehingga, jika Anda memilih suatu proyek dan menganalisanya dengan baik, tentu saja Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi.

Menarik bukan? Gunakan Voucher Pendanaan berupa Experience Voucher dari TaniFund sebesar Rp200.000 untuk memulai pendanaan sekarang dan nikmati keuntungannya bersama para petani dan pengusaha UMKM lainnya! Khusus untuk pengguna baru, gunakan kode LEBIHBAIK saat mendanai untuk mendapatkan manfaat ini. Daftar jadi pendana sekarang di sini.

Tonton cara mendaftar dan mendanai di: Cara Registrasi dan Pendanaan di TaniFund

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Sandwich Generation