Usaha Modal 1 Juta yang Patut Dicoba! 

Ide usaha modal 1 juta bisa datang dari berbagai ide sederhana hanya saja dikemas secara unik. Saat memulai berwirausaha, Anda tidak perlu ragu untuk mencoba dan tidak perlu takut untuk gagal, ya! 

Saat mengalami kegagalan, Anda hanya perlu meyakini diri bahwa ketika memulai kembali, Anda tentu memulai dengan pengalaman yang penting. Ini adalah mindset yang wajib dimiliki oleh setiap pengusaha yaitu belajar dari kesalahan. Melansir Harvard Business Review, hal yag harus dilakukan saat ini adalah lebih memperhatikan pengeluaran dengan baik dan selalu memastikan kinerja yang produktif tercipta.  

Jadi, dengan usaha modal 1 juta ini seharusnya Anda dapat memaksimalkan alur kas dan produktivitas Anda dalam tahun 2022 ini . Terlebih, jika ditekuni dengan riset dan praktek yang benar. Meski ide usahanya tak sebesar bisnis bermodal puluhan juta, usaha-usaha ini bisa menjadi langkah baik untuk memulai.

Ide Usaha Modal 1 Juta

Berikut beberapa ide usaha modal 1 juta yang bisa Anda jadikan referensi memulai usaha dengan modal kecil. Yuk, simak beberapa ide usaha modal 1 juta dibawah ini!

1. Sistem Pre-Order Makanan Sehat 

Pernahkah Anda mencoba untuk berjualan makanan sehat? Biasanya makanan sehat ini memiliki segmen pasar tersendiri dan dijual cukup mahal. Hal apa yang membuatnya mahal? Tentu saja ini wajar karena kualitas dari produk dan tujuannya yang memang untuk kesehatan.

Seperti dasarnya menjual catering sehat yaitu untuk menjaga agar badan tetap sehat, bugar dan terhindar dari penyakit juga lemak. Dengan adanya kelebihan ini pada bisnis catering, tentu ini bisa jadi penawaran yang baik. Anda hanya perlu memasarkannya ke beberapa teman terdekat. Jangan lupa untuk melakukan branding agar produk Anda terlihat lebih berkualitas.

2. Usaha Packing Sayuran 

Usaha packing sayuran ini bisa menjadi pilihan terbaik di era saat ini dimana kesan higienis menjadi hal yang penting. Packing sayuran ini bisa membantu menjaga kualitas dan stabilitas unsur kesegaran pada sayuran.

Namun, tentu saja proses yang dilakukan tidaklah mudah. Namun, jika Anda sudah mendapatkan pelanggan yang membayar di awal untuk Anda menyelesaikan packing sayuran, tentu saja mengapa tidak dijalankan? Anda dapat memulainya dengan pembungkusan menggunakan plastic wrap. Untuk memajukan dengan berbagai macam teknologi, jangan ragu karena Anda dapat meminjam pinjaman dana usaha TaniFund untuk pengembangannya! 

3. Usaha Makanan Ringan/Camilan

Jajanan cemilan akan tampak hanya disukai oleh anak-anak. Namun, jangan salah, orang dewasa pun gemar dengan makanan ringan. Mulai dari pelajar hingga pekerja, sedikit orang yang bisa menolak camilan di tengah kesibukan mereka.

Anda tidak perlu terpaku pada camilan yang membutuhkan bahan yang mahal. Cobalah menjual camilan berbahan dasar singkong, kentang, dan ubi yang juga banyak diminati. Misalnya, keripik singkong aneka rasa bisa dijual dengan modal 1 jutaan. Anda sudah bisa mendapat dana untuk pasokan singkong selama beberapa bulan ditambah dengan gerobak jika memang Anda membutuhkannya. 

Jika tidak, maka Anda hanya perlu mengandalkan pemasaran digital saja. Ingat Anda juga bisa menjualnya di lokasi yang memang ramai penduduk dan anak-anak. 

4. Usaha Pesanan Kue

Menerima pesanan kue bisa menjadi referensi bisnis sampingan yang cukup menarik. Sebab, kamu akan menerima pesanan kue andalan di hari-hari tertentu, seperti kue ulang tahun, pernikahan, acara peresmian, dan lainnya. 

Memang untuk membuat usaha ini, Anda harus memiliki kemampuan dan keahlian tersendiri. Jadi, sebaiknya usaha modal 1 juta yang satu ini ada baiknya disisihkan untuk mengasah keterampilan dan membeli pasokan peralatan dan bahan.  Tentu saja, hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih kredibel dan percaya diri dengan bisnis yang Anda jalankan. 

Pada dasarnya, sulit sekali untuk menolak pesona dan kenikmatan kue-kue. Jadi, target pasar Anda pun akan cukup luas. Namun, jika tidak memiliki begitu banyak modal, Anda bisa memulainya dengan berwirausaha di rumah dengan menjualnya melalui berbagai platform digital. 

5. Usaha Makanan Beku

Masyarakat sekarang serba praktis. Hidup orang modern yang kekinian tak lepas dari stigma tersebut. Hal ini juga berlaku terhadap makanan yang dikonsumsi tiap harinya. Anda pun bisa menjadikan peluang ini untuk berjualan makanan beku. 

Untuk memulai, sementara gunakanlah dulu freezer kulkas pribadi di rumah untuk menyimpan makanan. Seiring berkembangnya bisnis Anda, barulah pertimbangkan untuk membeli freezer khusus berukuran lumayan besar.

Penyimpan makanan beku itu pun tak harus baru, bisa saja bekas dengan kualitas yang masih baik. Usaha makanan beku terbilang minim resiko. Sebab, mereka jarang basi dan memang khusus dikemas untuk tahan lama.

6. Usaha Kue Kering

Usaha kue kering terbilang lebih sederhana lagi. Anda cukup membuat satu atau dua toples kue kering untuk dijual sebagai permulaan. Jadi, modal yang diperlukan tidak besar, bisa kurang dari 1 jutaan. 

Aneka kue kering itu bisa ditawarkan kepada teman dan orang-orang di sekitar terlebih dahulu. Dalam membuat kue kering, sesuaikanlah dengan selera dan kemampuan Anda. Jadi, usaha modal 1 juta yang satu ini pun lebih kreatif.

Meskipun banyak orang yang telah memulai usaha ini, Anda bisa menciptakan variasi dan tampilan yang menarik pada produk-produk Anda. Terlebih, bisnis yang satu ini juga banyak diminati pada saat-saat tertentu.

7. Mulai Bisnis Dropship

Bisnis dropship juga bisa menjadi pilihan memulai usaha modal 1 juta. Bahkan, dapat dikatakan bisnis ini tidak memerlukan modal. Anda pun tak perlu repot memproses pengiriman produk dan melakukan update stock.

Sistem dropship cukup sederhana, yaitu hanya perlu memasarkan produk dari penjual, meneruskan pemesanan, serta membayarkan uang dari pembeli ke penjual. Namun meski terlihat mudah, bisnis ini tak boleh disepelekan, lho.

Sebagai seorang dropshipper, Anda harus memahami spesifikasi barang meski tak menjualnya sendiri. Pilihlah supplier terpercaya karena akan mempengaruhi reputasi bisnis dan kualitas produk Anda.

8. Bisnis Budidaya 

Terkadang bisnis seputar pertanian seringkali diabaikan, padahal jika ditekuni dengan baik bisnis ini bisa memberikan keuntungan yang rutin bagi Anda. Memilih bisnis budidaya di bidang pertanian memang memiliki musimnya tersendiri, untuk itu jika dijadikan sebagai sampingan bisa menjadi pilihan yang cocok. 

Anda hanya perlu mengajak rekanan yang dapat dipercaya untuk dapat memonitor perkembangan lahan. Atau jika Anda tidak ingin repot menggunakan orang, solusinya Anda bisa memulai bisnis bidang-bidang yang tidak membutuhkan intensitas perawatan setiap harinya. 

Misalnya, memiliki lahan kelapa sawit, pengelolaannya tidak begitu menyita waktu. Hanya saja, Anda wajib memulai dengan baik dalam menggemburkan tanah, selebihnya saat panen Anda hanya tinggal menuainya. 

9. Makanan Sarapan Pagi

Usaha modal 1 juta kali ini memang kurang lebih tidak jauh berbeda dengan usaha makanan lainnya. Hanya saja potensi menjual makanan sarapan pagi memiliki probabilitas laku lebih besar. 

Terutama saat Anda menjualnya sekitar perumahan, seringkali makanan atau snack pagi ini digemari oleh para ibu rumah tangga atau para pekerja yang sedang terburu-buru sehingga tidak sempat untuk memasak. Misalnya: menjual nasi uduk dan snack titipan sehingga Anda tidak perlu rumit menyiapkan bahan penjualan. 

10. Jasa Distributor Snack

Dengan menjual titipan snack Anda pada penjual tentu mempermudah karena tidak harus memiliki tempat untuk menjualnya. Anda cukup menitipkannya dan mengambil harga jual yang Anda sepakati pada penjual. 

Menarik bukan? Sehingga, Anda bisa menjadi lebih produktif untuk menyiapkan makanan, tugas utama Anda adalah menguasai cara memasak dengan baik dan memiliki banyak kenalan yang memiliki usaha.

11. Jual Es Batu 

Kelihatan sederhana namun hal ini adalah kebutuhan primer bagi sebagian tempat saat ini. Misalnya, para nelayan pasti membutuhkan es batu selain itu para pemilik restoran juga tentu membutuhkan es batu kristal. 

Jika baru mencoba untuk memulainya, Anda bisa membeli kulkas bekas terlebih dahulu. Setelah itu, menjual es batu dapat Anda lakukan dengan menawarkannya pada beberapa target pasar yang kemungkinan memiliki kebutuhan stok es batu. 

12. Es Kelapa 

Jika Anda tinggal dalam iklim tropis memiliki usaha es kelapa tentu sangat potensial bukan? Memiliki minuman es kelapa ini memang sangat menguntungkan karena dengan modal kurang dari 1 juta. Sehingga di saat pandemi seperti ini Anda bisa memaksimalkan penjualan kelapa. 

Harga kelapa jika Anda membelinya pada pemasok kelapa biasanya kisaran Rp3000 – Rp4000 untuk 1 buahnya. Kemudian, Anda bisa menjualnya dengan harga di atas Rp7.000. Menarik bukan? Nah, untuk membuat pembeli semakin tertarik, jangan lupa juga menambahkan beberapa menu es kelapa lainnya. 

13. Seblak 

Pernah coba menjual atau makan seblak? Dilihat dari komposisinya, seblak menjadi salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan dengan modal kurang jauh dari Rp 1 juta. Selain itu, makanan ini menjadi salah satu favorit di kalangan remaja dan anak muda. 

Dari segi rasa sudah jelas makanan ini menjadi makanan yang cocok dengan lidah asia yang faktanya lebih menyukai rasa asin dan pedas. Jadi, tunggu apa lagi? Makanan yang satu ini tentu patut sekali untuk dicoba! 

14. Cetak Kalender

Nah, bisnis yang satu ini memang kesannya hanya menguntungkan di beberapa waktu saja. Namun, jika Anda mampu memberikan keunggulan tersendiri pada produk kalender Anda misalnya seperti desain yang menarik atau Anda bisa menawarkannya pada beberapa perusahaan untuk melakukan pencetakan kalender dengan custom yang menarik. Sudah pasti untuk mendapatkan keuntungan yang besar Anda wajib memperbanyak kuantitas perusahaan yang akan dibuatkan kalender. 

15. Usaha Agen Pulsa 

Menjual pulsa adalah salah satu hal yang masih laku hingga saat ini. Meskipun kehadiran berbagai outlet lainnya dalam pasar tetap ada, usaha agen pulsa hingga saat ini tetap masih diandalkan oleh beberapa penduduk. Khususnya untuk mereka yang wilayahnya belum memiliki jaringan dan outlet waralaba yang menetap.

16. Bisnis Pertanian

Bisnis pertanian bisa menjadi salah satu bisnis yang menarik untuk dikulik. Pangan adalah salah satu industri yang sangat penting karena merupakan bidang primer yang sangat dibutuhkan kedepannya. Bisnis pertanian dapat dimulai dari budidaya bibit, ternak hingga perikanan. Jika memiliki lahan kosong yang tidak digunakan, Anda bisa mencoba untuk menanam dengan cara hidroponik

17. Jual Minuman Dingin 

Menjual minuman dingin di tempat yang ramai penduduk dan proyek tentu bisa menjadi salah satu kelebihan tersendiri untuk Anda. Produksi untuk membangun usaha itu tidaklah mudah dan membutuhkan banyak dana, Anda hanya perlu menyediakan berbagai bubuk minuman dan menempatkannya dalam termos. Anda bisa menjual setiap minuman dingin dengan harga paling tidak Rp 5 ribu. Menarik bukan keuntungan yang bisa Anda peroleh? 

18. Usaha Ayam Olahan

Inovasi dan menu adalah kunci dari suksesnya usaha ayam olahan ini. Dengan menghadirkan berbagai inovasi, Anda dapat mengolah ayam menjadi beberapa menu menarik seperti ayam geprek, ayam shihlin, atau bahkan ayam popcorn. Anda bisa membuat menu ayam ini menjadi lebih menarik jika Anda bisa menguasai cara memasak dan mengolah makanan yang benar. Selanjutnya, Anda hanya harus mengembangkan branding saja.

19. Usaha French Fries

Pernahkan Anda menemukan gerobak yang menjual french fries? Jika tidak, maka ini bisa saja jadi kesempatan untuk Anda. Menu makanan yang satu ini memang sangat menarik sekali untuk dikembangkan. Karena beberapa penelitian pun melansir bahwa kentang goreng adalah salah satu menu yang paling terkenal di salah satu restoran fast food. 

Anda dapat membuat kentang goreng dengan menaruh beberapa bumbu-bumbu berbagai jenis untuk memperkaya rasa dan variannya. Memulai bisnis french fries ini tentu memberikan banyak keuntungan, membeli bahan baku french fries hingga packaging tentu dapat dilakukan dibawah Rp 1juta. 

20. Jasa Mengajar 

Jika Anda memiliki kemampuan dalam suatu jasa, ada baiknya Anda bisa menggunakan kemampuan Anda untuk mengajar orang di sekitar yang ingin mempelajari bidang Anda. Tentu saja mengajar tidak membutuhkan apapun untuk memulainya, kecuali ilmu Anda sendiri. Usahakan Anda dibayar berdasarkan hitungan per jam. 

21. Roti Bakar

Usaha roti bakar termasuk salah satu bisnis makanan yang cocok untuk Anda coba. Usaha modal 1 juta ini bisa sekali dijalankan saat malam, roti bakar sebetulnya tidak membutuhkan banyak tempat hanya gerobak atau Anda hanya perlu menyewa sebuah tempat terbuka pada pemilik ruko dan memulai menjual produk Anda. 

22. Jasa Penitipan Anak 

Saat ini jasa penitipan Anak seringkali dibutuhkan oleh beberapa orang tua yang memang sangat sibuk. Untuk itu memiliki jasa penitipan Anak dengan kualitas yang baik, Anda bahkan bisa membuat sebuah program daycare untuk mengembangkan karakter dan tumbuh kembang anak agar dapat terlatih menjadi lebih aktif. Anda dapat memulainya dari membuat silabus dan menawarkannya kepada beberapa rekan Anda yang bekerja atau anggota keluarga yang sedang bekerja. 

23. Bisnis Afiliasi 

Usaha modal 1 juta yag satu ini memang sangat menguntungkan, karena Anda bahkan tidak perlu memiliki modal untuk memulainya. Anda hanya perlu menyebarkan atau mengkomunikasikan suatu program kepada target audiens dari perusahaan tempat Anda ikut program afiliasi. Lalu, Anda bisa mendapatkan keuntungan untuk setiap orang yang mendaftarkan dirinya untuk menggunakan program tersebut. 

24. Broker 

Broker adalah salah satu jasa yang Anda bisa tawarkan kepada para pengusaha yang menjual produk besar seperti properti, transportasi atau bahkan alat-alat besar. Biasanya tugas dari broker adalah Anda hanya perlu mencari seseorang yang sedang membutuhkan barang tersebut, kemudian mengantarkannya kepada perusahaan atau seseorang yang menjual barang tersebut. Kemudian, Anda akan mendapatkan  upah dari penjualan tersebut. Tentu saja bisnis ini adalah usaha yang bahkan tidak membutuhkan modal untuk memulainya. 

25. Pengusaha Telur 

Pernahkah Anda membayangkan diri Anda menjadi pengusaha telur? Usaha modal 1 juta ini sangat bisa Anda kembangkan pada usaha telur. Anda hanya perlu membeli telur, memasarkannya dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi sesuai pasar agar Andapun dapat bersaing. 

Ataupun jika Anda ingin lebih cepat untuk mengembalikan keuntungannya, Anda dapat  menawarkan telur pada para pemilik toko kue, sehingga Anda bisa lebih cepat memutarkan modalnya. Namun, secara umum telur adalah kebutuhan setiap rumah tangga, jadi menjual ini tentu menjadi pilihan yang tepat. 

26. Angkringan

Usaha angkringan adalah salah satu jenis usaha modal 1 juta yang dapat Anda realisasikan. Kemungkinan pada tahap awal, Anda akan menghabiskan setengah modal untuk membeli gerobak. Selanjutnya, Anda bisa memaksimalkan semuanya untuk membeli makanan yang Anda akan jual. 

Pastikan untuk menjual makanan yang memang umumnya ada pada angkringan seperti nasi, tempe, tahu, beberapa gorengan juga sambal. Jika ingin lebih hemat, Anda bisa menawarkan beberapa orang yang bersedia untuk menyuplai makanan. Sehingga, nantinya Anda tidak perlu terlalu repot menyediakan makanan. 

27. Usaha Laundry Sepatu 

Usaha modal 1 juta kali ini bisa Anda coba yaitu usaha laundry sepatu, berbeda halnya dengan laundry baju. Dimana Anda wajib memiliki beberapa mesin cuci. 

Namun, pada usaha laundry sepatu, saat memulainya Anda bisa mencoba dengan membeli paket laundry sepatu. Kemudian memanfaatkan strategi marketing dengan baik, Anda bisa memulainya dengan menawarkan rekanan terdekat Anda untuk ini. 

28. Usaha Merangkai Bunga 

Merangkai bunga adalah salah satu hal yang menguntungkan, Anda tidak harus memiliki stok bunga. Namun, Anda bisa mulai merangkainya jika sudah mendapatkan pesanan. Dengan demikian Anda bisa menyisihkan biaya produksi dengan keuntungan Anda.

Jadi, sebetulnya Anda tidak begitu membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis ini. Usaha dengan modal 1 juta ini justru dapat Anda alokasikan untuk mendapatkan kursus dan memaksimalkan kemampuan Anda dalam merangkai bunga.  

29. Usaha Snack Bakar-bakaran 

Usaha bakar-bakaran bisa menjadi salah satu ide yang patut dicoba selain karena mudah, juga memiliki banyak pasar yang cukup banyak. Anda hanya perlu memperhatikan bumbu untuk membakar snack seperti bakso, sosis, otak-otak dan beberapa makanan lainnya. Supaya lebih laku, Anda bisa membuka usaha ini dekat lapangan, umum yang ramai dengan anak kecil. 

30. Pre-order Masker 

Sistem usaha yang mengedepankan model pre-order adalah salah satu strategi usaha yang tepat. Untuk menarik pasar, Anda harus menggunakan kekuatan dari sisi desain untuk memastikan bahwa produk masker yang Anda jual berbeda dari apa yang ada dalam pasaran. 

Kunci Agar Sukses Memulai Usaha Kecil

Memulai usaha meskipun tergolong sebagai usaha kecil, Anda tetap harus bersemangat dalam membangunnya agar diwaktu depan Anda bisa menbangunnya lebih baik. Memulai bisnis dari kecil juga ternyata membangun Anda untuk semakin kuat dan terstruktur dalam mengatur keuangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai kunci untuk sukses memulai usaha kecil. Hal tersebut, yaitu:

1. Fokus

Kunci pertama adalah fokus. Curahkan tenaga dan pikiran untuk mengelola bisnis Anda. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memahami seluk-beluk usaha yang diselami dan mengetahui hal-hal yang harus dikembangkan.

2. Hitung Modal Usaha

Begitu memutuskan akan memulai usaha, telitilah dalam menghitung berbagai kebutuhan yang diperlukan dan biayanya. Dengan modal 1 juta, hindarilah pembelian barang yang belum diperlukan di awal.

Hal ini perlu agar modal yang membengkak tidak terjadi. Pastikan pula untuk tidak mencampur uang pribadi dengan uang usaha agar Anda tak bingung mengatur keuangan ke depannya.

3. Cerdas dalam Mengelola Keuangan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pastikan untuk mengelola dana Anda dengan cerdas. Catat segala pemasukan dan pengeluaran dengan baik untuk memudahkan evaluasi perkembangan bisnis Anda.

Meskipun usaha Anda dimulai dengan modal kecil, pastikan untuk tetap meluangkan waktu untuk mengatur alur kas dan keuangan lainnya, ya.

4. Gigih Selalu

Terdengar klise, namun kesuksesan memang tak akan tercapai tanpa kegigihan. Berapa kali pun kegagalan atau hambatan menghadang seorang pengusaha, itu bukanlah alasan untuk menyerah dan memutuskan untuk berhenti berbisnis.

5. Terus Menciptakan Inovasi

Dalam berbisnis, inovasi adalah poin penting untuk tetap bertahan di tengah persaingan. Tak hanya dibutuhkan oleh bisnis besar, usaha modal 1 juta pun memerlukan inovasi secara berkala. 

Tujuannya, yakni agar pelanggan pantang bosan dengan produk Anda.

Dapatkan Modal Usaha Kecil dari TaniFund! 

TaniFund adalah platform P2P lending Agrikultur yang mendapatkan lisensi dari OJK per tanggal 12 Agustus 2021 dengan surat tanda berizin KEP-64/D.05/2021. P2P Lending TaniFund mempertemukan peminjam dan para pendana yang difokuskan untuk membangun dan mengembangkan sektor agrikultur Indonesia melalui pendanaan beberapa usaha-usaha. 

Adapun produk pinjaman yang TaniFund berikan dalam bentuk pinjaman dana usaha seperti Usaha mikro, Usaha Pengembangan & Faktur Penjualan dan Budidaya. Untuk memastikan pinjaman yang sesuai untuk dana usaha yang sedang Anda kembangkan, Anda wajib mengisi beberapa pertanyaan pada laman Pinjaman Modal Usaha

Sudah waktunya memulai dan mengembangkan bisnis Anda bersama TaniFund! Mari mulai berdampak sosial memajukan pertanian dan sektor agrikultur Indonesia. Cek lebih lengkap berbagai tips cara memulai bisnis UMKM bersama TaniFund!