Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

contoh-usaha-modal-kecil-yang-belum-banyak-pesaing

Sebelum memulai sebuah bisnis, mengetahui pasar serta kompetitor adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan. Tak hanya modal serta analisis risiko, seorang pebisnis juga perlu mempelajari seluruh faktor yang akan berpengaruh bagi bisnisnya dari semua sisi. Dengan strategi yang tepat, sebuah bisnis akan dapat berkembang dan mencapai target serta potensi yang maksimal. 

Selain itu, modal ataupun budget yang dimiliki juga sangat berpengaruh pada jenis bisnis yang akan dijalani. Semakin besar modal yang dimiliki, tentu saja peluang bisnis dalam berbagai bidang akan semakin terbuka lebar. Namun, tak perlu khawatir jika Anda hanya memiliki sedikit modal untuk berbisnis. Untuk membantu pendanaan bisnis UMKM, Anda bisa menggunakan pendanaan melalui platform P2P lending

Tips lainnya, Anda juga perlu mencari bisnis yang memiliki permintaan tinggi dari konsumennya namun tidak memiliki terlalu banyak pesaing atau kompetitor. Dengan begitu, nantinya bisnis Anda akan lebih mudah untuk menonjol dan menguasai pasar. Apalagi jika Anda mendapatkan pendanaan.

Dalam berbisnis di era modern seperti saat ini, jangan lupa juga untuk memanfaatkan peran teknologi dalam bisnis Anda. Manfaatkan akses dari berbagai platform media sosial untuk meningkatkan branding serta awareness dari bisnis Anda. Berikut ini adalah 15 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, namun berpotensi untuk mendatangkan keuntungan yang besar:

1. Bisnis Makanan Ringan

Di era pandemi seperti saat ini, berbagai kegiatan serta aktivitas masyarakat memang cenderung terhambat dan memaksa kita semua untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Dengan begitu, peluang untuk berbisnis makanan ringan atau snack sangatlah terbuka lebar. Karena semakin sering orang berada di rumah, tentu saja kebutuhan asupan makanan ringan semakin tinggi, seperti makaroni kering, kerupuk kulit, dan popcorn. Sehingga, bisnis makanan ringan bisa menjadi salah satu bisnis yang patut Anda coba.

Hanya saja, ingat bahwa bisnis ini sifatnya mengikuti trend. Solusinya, Anda bisa mencari snack yang kemungkinan dari waktu ke waktu tetap diminati, contohnya seperti keripik singkong. Ini bisa menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan tentunya berlaku bagi setiap daerah. Sehingga, ini bisa dijadikan peluan bisnis kecil di berbagai daerah.

2. Bisnis Frozen Food

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing selanjutnya adalah bisnis Frozen Food. Hampir mirip dengan bisnis makanan ringan, permintaan akan produk frozen food pun semakin meningkat di era pandemi. Semakin banyak orang memerlukan makanan yang praktis dan bisa disimpan lama di dalam kulkas. Tak heran bisnis frozen food untuk produk-produk seperti sosis, nugget, dan french fries semakin ramai peminat. 

Terbukti di beberapa belahan negara seperti wilayah negara Eropa mendeteksi bahwa seiring dengan berkembangnya food delivery business permintaan menu french fries semakin meningkat. Berkaca dari pasar Eropa, maka hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi juga di beberapa negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

3. Bisnis Katering Sehat

Tren pola hidup sehat yang terus berkembang di seluruh lapisan masyarakat membuat permintaan akan makanan yang sehat terus melonjak. Semakin banyak orang yang sadar akan kebutuhan gizi serta kesehatan tubuh dapat Anda jadikan peluang untuk membuka bisnis katering makanan sehat. Menurut Bisnis.com justru dengan adanya pandemi ini membuat banyak pihak sadar bahwa sekalipun mengkonsumsi fast food, konsumen tetap mengedepankan higienis dan kualitas makanan yang berbobot. 

4. Bisnis Minuman Kesehatan

Imunitas menjadi salah satu hal yang paling krusial di era pandemi seperti sekarang ini. Kebutuhan masyarakat akan berbagai vitamin serta nutrisi pun semakin meningkat setiap harinya. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan dari sisi bisnis dengan mencoba untuk melakukan produksi minuman kesehatan seperti empon-empon dan jamu.

 

Dengan modal yang kecil, bisnis minuman kesehatan ini layak untuk dicoba. Produk olahan jamu di saat pandemi ini terbukti memberikan keuntungan bagi sebagian orang. Dilansir melalui detik.com, modal pembuatan jamu hanya berkisar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta, namun hasil yang diterima bisa dua kali lipatnya.

5. Bisnis LPG dan Air Minum Galon

Rasanya hampir seluruh keluarga saat ini menggunakan gas LPG untuk keperluan di dapur. Dengan mencoba bisnis LPG serta isi ulang air minum galon, Anda tak perlu menyewa tempat usaha ataupun menyiapkan modal yang besar. Dengan modal yang terbatas, bisnis LPG serta air minum galon memang menjadi salah satu bisnis yang dipastikan akan laku setiap harinya.

6. Bisnis Toko Online

Sebenarnya toko online memang sudah mulai ramai diminati sejak beberapa tahun terakhir, namun dengan adanya pandemi membuat tren toko online kembali naik. Semakin banyak orang yang lebih suka berbelanja dan membeli barang serta kebutuhan sehari-harinya secara online membuat peluang bisnis toko online sangat menjanjikan.

7. Bisnis Dropship

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing bahkan terkadang tidak membutuhkan modal adalah bisnis dropship. Namun, Anda perlu pandai menebak trend dan demand dalam masyarakat. Dropship adalah sebuah konsep usaha dimana Anda dapat berjualan produk apapun tanpa harus memiliki modal. Anda dapat menjual produk milik orang lain tanpa perlu menyetok atau membeli produk tersebut terlebih dahulu.

Cukup menarik, namun Anda harus benar-benar memperhatikan dan memilih toko yang layak dijadikan sebagai tempat untuk Anda membeli barang. Bisnis ini cukup terbatas peluang dan pasarnya, sehingga bisnis seperti ini tidak begitu cocok untuk dijadikan bisnis jangka panjang. 

8. Usaha Cloud Kitchen

Bagi Anda yang tertarik dengan bisnis kuliner tentu saja sudah tak asing dengan istilah cloud kitchen, bukan? Konsep usaha yang sedang naik daun ini memang sangat menarik karena menawarkan sebuah dapur yang dapat digunakan untuk membuat serta menyajikan makanan apapun untuk dijual. Ini bisa menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Anda bisa memaksimalkan waktu Anda dan tidak terlalu banyak mengeluarkan modal.  Saat ini pun usaha cloud kitchen sudah dapat bekerja sama dengan berbagai jasa pengantaran makanan sehingga akan lebih mudah dalam menjangkau konsumen.

9. Bisnis Reseller

Bisnis reseller sangat cocok bagi Anda yang memiliki modal kecil dan terbatas. Dengan menjadi reseller, Anda tak perlu memikirkan biaya untuk produksi barang. Dengan begitu, keuntungan yang bisa didapat pun cukup besar bahkan untuk pebisnis pemula sekalipun.

10. Bisnis Affiliate Marketing

Bagi Anda yang baru masuk ke dunia bisnis online mungkin masih asing dengan istilah affiliate marketing. Bisnis affiliate marketing ini pada dasarnya adalah cara memasarkan sebuah produk tertentu yang nantinya akan mendapatkan imbalan jasa berupa komisi. Jumlah komisi yang bisa Anda dapatkan sebagai seorang affiliate marketing memang lumayan besar, cukup hanya dengan memasarkan produk saja.

11. Bisnis Daur Ulang Kreatif

Bisnis yang selanjutnya sangat cocok untuk Anda yang memiliki tingkat kreativitas tinggi. Bisnis daur ulang berbagai produk ini memang tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan memanfaatkan berbagai produk atau bahan baku bekas Anda sudah dapat menjalankan bisnis ini.

Selain mendapatkan keuntungan yang lumayan, Anda juga dapat membantu dan turut serta dalam upaya menjaga lingkungan. Dengan menjalankan bisnis daur ulang, Anda juga sudah membantu dalam mengurangi jumlah sampah serta berbagai produk yang tadinya tidak terpakai dan terbuang begitu saja.

12. Bisnis Kursus Online

Bagi Anda yang memiliki skill ataupun keterampilan khusus dan menyukai public speaking, bisnis kursus online juga dapat menjadi pilihan. Dengan bermodal jaringan internet serta kemauan untuk mengajar, Anda sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini, lho!

Di era pandemi seperti saat ini pun minat masyarakat untuk mempelajari berbagai hal serta ilmu baru semakin meningkat setiap harinya. Anda dapat memulai kursus online menggunakan laptop maupun smartphone. Jangan lupa juga untuk menyiapkan materi-materi pelajaran yang menarik!

13. Bisnis Jasa Online

Dengan semakin berkembangnya dunia bisnis online, kebutuhan akan berbagai jasa pun semakin tinggi setiap harinya. Mulai dari kebutuhan akan content writer, jasa pembuatan website, hingga digital marketing. Bisnis seperti ini memang cocok bagi Anda yang memiliki modal minim namun memiliki kemampuan ataupun skill digital yang mumpuni.

14. Bisnis Waralaba (Franchise)

Salah satu bisnis yang sedang hits dan naik daun akhir-akhir ini adalah bisnis waralaba atau franchise. Dengan konsep waralaba, Anda tak perlu pusing memikirkan sistem bisnis yang rumit. Anda hanya perlu mengeluarkan modal awal untuk membeli waralaba dan biasanya sudah termasuk berbagai paket usaha, perlengkapan, hingga bahan untuk produksi.

15. Bisnis Financial Planner

Tak disangka, dengan adanya pandemi membuat masyarakat semakin sadar akan kebutuhan untuk ‘melek’ keuangan. Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan. Nah, salah satu bisnis yang dapat Anda coba adalah financial planner.

Jasa penasihat keuangan biasanya bertugas sebagai pemberi arahan bagi para klien dalam mengelola keuangan serta investasi agar sesuai dengan tujuan finansialnya masing-masing. Bagi Anda yang memang memiliki kemampuan serta pengetahuan di bidang ini, usaha ini sangat menjanjikan karena tak memerlukan modal yang besar.

16. Bisnis Budidaya

UMKM dan masyarakat seharusnya tidak hanya berfokus pada usaha-usaha umum dan kecil saja. Bisnis budidaya dan pertanian memang terbilang menjadi bisnis yang tidak dilirik oleh masyarakat pada umumnya. Namun, sadarkah Anda seberapa besar potensi kedepannya? Menurut berbagai riset yang dilakukan oleh lembaga riset Internasional, salah satunya McKinsey mengatakan penelitian pangan di berbagai negara saat ini sedang memikirkan jangka panjang dari ketahanan pangan ke depannnya. Pasalnya, pangan akan selalu menjadi kebutuhan primer yang diperlukan oleh masyarakat dan dunia. 

Itulah 15 contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing dan layak untuk dicoba di tahun 2021. Seluruh jenis bisnis ataupun usaha memang memiliki peluang suksesnya masing-masing tergantung pada strategi bisnis apa yang Anda jalankan. Oleh karena itu, jangan pernah patah semangat jika bisnis Anda belum berhasil sekarang. Coba ubah pola pikir dan temukan strategi yang tepat untuk bisnis Anda hari ini!

Dapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Tani & UMKM Anda!

Tahun 2045, Indonesia menargetkan untuk dapat mencapai tujuan menjadi lumbung pangan dunia. Dimana artinya, Indonesia akan ikut ambil andil untuk bisa menjadi sumber ekspor bahan pangan ke seluruh dunia. Tentu saja bisnis budidaya sendiri akan menjadi bisnis yang bertahan dari waktu ke waktu. 

Saat ini kemampuan teknologi sudah bisa menghubungkan pasar investor dunia ke Indonesia. Hingga perkembangan platform pendanaan dalam negeri pun sudah semakin pesar. Kehadiran P2P lending TaniFund adalah jawaban dan solusi bagi pihak pendana maupun para petani dan penggerak bisnis UMKM yang terkendala karena minimnya modal usaha. 

P2P Lending TaniFund adalah platform pendanaan bagi para petani yang bergerak dalam mengelola usaha budidaya bidang pertanian, perikanan hingga peternakan. Selain itu, TaniFund juga ikut mendukung layanan pendanaan bagi para pemilik bisnis UMKM di bidang pangan. Dengan menjadi mitra budidaya TaniFund, Anda bisa mendapatkan bimbingan praktik budidaya terbaik dari para agronomis agar produksi dapat lebih optimal. Sama halnya dengan menjadi mitra UMKM TaniFund, Anda bisa mendapatkan bimbingan praktik usaha terbaik dari TaniFund. Ada berbagai pinjaman modal untuk mitra UMKM, seperti Pendanaan Pengembangan Usaha, Faktur Penjualan, dan Usaha Mikro.

Dengan demikian, penyerapan hasil panen melalui TaniHub nantinya dapat lebih berkualitas. Dengan solusi ekosistem hulu ke hilir ini, Anda sebagai peminjam maupun penyalur dana lebih memiliki jaminan bisnis terencana. Untuk itu segera ajukan pinjaman Anda dengan mengunjungi laman Pinjaman Modal Usaha Tani & UMKM kemudian pilih jenis bisnis Anda. 

Jika Anda sedang berfokus untuk mendapatkan passive income dan ingin berbisnis dalam dunia pertanian, namun tidak paham bagaimana memulainya. Maksimalkan keuangan Anda dengan bunga return hingga 18% p.a melalui pendanaan berdampak sosial dengan risiko terukur. Kenali dan pelajari prospek pengembangan bisnis budidaya melalui laman proyek budidaya atau aplikasi TaniFund.

Baca juga: Alasan Millennials Memilih Pendanaan di Fintech Peer-to-Peer Lending