tanifund-resmi-bekerjasama-dengan-efishery

TaniFund Gandeng eFishery, Dukung Perikanan!

TaniFund dan eFishery resmi melakukan kerja sama untuk memperluas jangkauan dan dampak sosial hingga ke sektor perikanan! Kerja sama ini resmi dilakukan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama secara daring pada Selasa, 23 November 2021. TaniFund gandeng eFishery secara resmi bertujuan untuk meningkatkan perikanan dan kesejahteraan para nelayan. Dengan ini, TaniFund akan menyalurkan kredit modal kerja kepada para pembudidaya ikan mitra eFishery dengan loan book sebesar Rp200 miliar.

Harapannya dengan adanya akses modal yang diberikan oleh TaniFund, para mitra eFishery dapat terus mengembangkan budidayanya sehingga sektor akuakultur di Indonesia dapat terus maju. Tidak hanya membantu dalam permodalan, TaniFund juga akan mendukung upaya penyerapan pasar dengan memberikan referensi proyek-proyek budidaya perikanan kepada eFishery. 

tanifund-gandeng-efishery

Pamitra Wineka, CEO TaniHub Group mengatakan, dukungan akses permodalan dari TaniFund kepada eFishery merupakan sebuah upaya untuk mempercepat inklusi keuangan pada kalangan pembudidaya ikan dan pelaku UMKM sektor perikanan. Selain itu, akses permodalan tersebut juga menjadi upaya untuk mendukung ketahanan pangan Indonesia. “Dengan kolaborasi ini, kami yakin misi inklusi keuangan dan ketahanan pangan dapat diwujudkan lebih baik lagi dengan memperluas jangkauan di sektor perikanan,” ujar Pamitra.

Sejalan dengan hal tersebut, Natalia Rialucky Marsudi selaku Chief Strategy Officer TaniHub Group juga mengatakan, “Dengan adanya kolaborasi bersama eFishery, kami mempunyai harapan besar untuk menjangkau sektor perikanan dan menyalurkan pinjaman produktif kepada mitra eFishery melalui platform TaniFund, sehingga kesejahteraan para pembudidaya ikan dapat meningkat.”

Sebagai peer-to-peer lending agritech yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), TaniFund terus berupaya menciptakan dampak sosial yang positif di sektor pertanian, termasuk subsektor peternakan dan perikanan. Sejak didirikan pada 2017 hingga saat ini, TaniFund telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp397,62 miliar (data 23 November 2021) kepada lebih dari 5.000 borrower. Untuk memastikan setiap proyek berjalan lancar, TaniFund melakukan pembinaan dan monitoring langsung terhadap borrower oleh tim lapangan.

Melalui pembinaan ini, para petani, peternak, dan pelaku UMKM dapat memproduksi pangan secara berkelanjutan, sehingga akan berdampak positif kepada kesejahteraan mereka dan ketahanan pangan Indonesia.

Baca juga: TaniFund Menjadi P2P Lending Agritech Pertama yang Mendapatkan Lisensi dari OJK