Setiap tahun di bulan Maret, setiap individu yang memiliki NPWP wajib melaporkan penghasilan yang didapatkannya melalui Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Pelaporannya pun sangat mudah dan cepat karena bisa dilakukan secara online melalui website resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Bagi kita yang sudah terbiasa melaporkan pajak secara mandiri, pelaporan pajak tentu tidak sulit. Akan tetapi, banyak juga di antara kita yang masih melihat pelaporan pajak sebagai suatu hal yang merepotkan. Terlebih, ada banyak hal yang perlu dilaporkan, mulai dari penghasilan, potongan pajak, kekayaan, hingga aset yang dimiliki.

Di TaniFund, kami membantu Anda untuk melakukan pemotongan pajak atas pendapatan bunga yang Anda dapatkan dari melakukan pendanaan di www.tanifund.com. Bukti Potong Pajak pun dapat Anda akses di dashboard profil TaniFund Anda. Walaupun kami sudah memotong pajak Anda, sebagai lender Anda tetap berkewajiban untuk melaporkan pendanaan dan penghasilan yang Anda peroleh secara mandiri.

Tetapi tidak perlu bingung, karena TaniFund akan memberikan penjelasan tentang cara melaporkan pendanaan yang Anda lakukan di TaniFund. Simak caranya berikut ya!

Pelaporan Pajak Penghasilan < Rp 60.000.000 dalam Setahun

Jika Anda berpenghasilan dibawah Rp 60.000.000 dalam setahun, maka Anda perlu mengisi Form 1770 SS. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Pembuatan SPT

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat formulir pelaporan yang dapat dibuka melalui link ini. Anda akan diarahkan untuk log in ke akun pelaporan pajak yang Anda miliki. Kemudian klik “Buat SPT” dan isi pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di layar. Di sisi kiri layar terdapat “Petunjuk Pengisian” yang dapat Anda jadikan panduan.

Dalam tahap pertama pembuatan SPT, pilih tahun pajak dan status SPT sebelum melanjutkan.

2. Melaporkan Nilai Pendanaan

Berikutnya, Anda dapat melaporkan nilai pendanaan Anda di TaniFund pada bagian “C. Daftar Harta dan Kewajiban > 11. Jumlah keseluruhan harta yang dimiliki pada Akhir Tahun Pajak.”. Di sini, Anda dapat menjumlahkan nilai aset di akun TaniFund Anda (termasuk dana tersedia) sampai dengan 31 Desember tahun pelaporan bersama dengan harta lain yang Anda miliki.

Total aset di akun TaniFund Anda sampai dengan 31 Desember tahun pelaporan dapat dijumlahkan bersama harta lainnya pada bagian “C. Daftar Harta dan Kewajiban >  11. Jumlah keseluruhan harta yg dimiliki pada Akhir Tahun Pajak”.

Selanjutnya, Anda dapat klik tombol “Berikutnya” dan lengkapi sisa laporan SPT sesuai dengan panduan yang tersedia.

Pelaporan Pajak Penghasilan > Rp 60.000.000 dalam Setahun

Jika Anda berpenghasilan diatas Rp 60.000.000 dalam setahun, maka Anda perlu mengisi Form 1770 S. Langkah pembuatan SPT ini sama seperti langkah pertama pengisian Form 1770 SS yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pembuatan SPT

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat formulir pelaporan yang dapat dibuka melalui link ini. Anda akan diarahkan untuk log in ke akun pelaporan pajak yang Anda miliki. Kemudian klik “Buat SPT” dan isi pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di layar. Di sisi kiri layar terdapat “Petunjuk Pengisian” yang dapat Anda jadikan panduan.

2. Melaporkan Nilai Pendanaan

Berikutnya, Anda dapat melaporkan nilai total aset di akun TaniFund Anda pada bagian “Lampiran II Bagian B: Harta Pada Akhir Tahun”. Anda dapat klik tombol “Tambah+”. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan informasi berikut untuk melengkapi data yang diminta seperti:

  1. Kode Harta: 039 – Investasi Lainnya
  2. Nama Harta: P2P Lending
  3. Tahun Perolehan (tahun harta didapatkan)
  4. Harga Perolehan (nilai total aset per 31 Desember tahun yang dilaporkan)
  5. Keterangan: TaniFund

Setelah Anda lengkapi, Anda dapat klik tombol “Simpan”. Tampilan berikutnya akan terlihat seperti ini:

Contoh ini berdasarkan asumsi pendanaan dengan dana pokok Rp 10.000.000 dan penghasilan bunga Rp 100.000. Anda dapat menggabungkan harta Anda lainnya di bagian ini (contoh: mobil pribadi).

Nilai aset di akun TaniFund Anda (termasuk dana tersedia) per 31 Desember tahun pelaporan dapat ditambahkan bersama harta lainnya pada SPT 1770 S Lampiran I pada bagian berikut.

3. Melaporkan Penghasilan atas Bunga (Diluar Pokok)

Selanjutnya pada Lampiran I, Anda perlu melaporkan penghasilan atas bunga yang Anda peroleh pada tahun yang dilaporkan. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu memasukkan nominal bunga yang Anda peroleh melalui TaniFund pada “Bagian A. Penghasilan Neto dalam Negeri Lainnya”.

Kemudian, pada “Bagian C. Daftar Pemotongan/Pemungutan PPh oleh Pihak Lain dan PPh yang Ditanggung Pemerintah” Anda dapat mengunggah bukti potong yang telah TaniFund sediakan untuk Anda di dashboard profil Anda sebagai bukti bahwa penghasilan bunga yang Anda terima sudah dipotong pajak. Untuk melakukan ini, Anda dapat klik tombol “Tambah+” dan melengkapi data yang diminta seperti:

  1. Jenis Pajak: Pasal 23
  2. NPWP Pemotong/Pemungut Pajak: masukkan NPWP TaniFund seperti yang terlampir di Bukti Potong Pajak yang Anda dapatkan
  3. Nama Pemotong/Pemungut Pajak: Tani Fund Madani Indonesia
  4. Nomor Bukti Potong Pajak yang didapatkan
  5. Tanggal Bukti Potong Pajak
  6. Jumlah pajak yang dipotong selama 1 tahun periode pelaporan

Masukkan informasi-informasi berdasarkan dokumen Bukti Potong Pajak yang TaniFund sudah sediakan di halaman dashboard profil TaniFund Anda. Selanjutnya, Anda dapat klik tombol “Simpan” dan lengkapi sisa laporan SPT sesuai dengan panduan yang tersedia.