Seiring dengan perkembangan industri peer to peer lending di Indonesia yang semakin pesat, semakin banyak pula platform baru yang bermunculan. Namun, sebagai pendana dalam P2P lending, Anda wajib memperhatikan tingkat keamanan platform hingga proyek bisnis yang ditawarkan untuk didanai.

TaniFund adalah P2P lending platform yang berfokus dalam memberikan pinjaman untuk permodalan para petani dan pengusaha UMKM yang bergerak dalam bidang pangan. Adapun bisnis pertanian yang didanai oleh TaniFund dimulai dari budidaya pertanian, perikanan hingga peternakan.

Sebagai peer to peer lending resmi yang berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), TaniFund memiliki kebijakan yang dikenal dengan kebijakan T+2. Kebijakan T+2 ini sendiri untuk meregulasi penghimpunan dana masyarakat. 

Pada kebijakan tersebut, dana yang mengendap hanya boleh disimpan maksimal selama 2 hari dan selebihnya harus segera disalurkan atau dikembalikan. Yuk, simak selengkapnya mengenai Rekening Dana Ledner (RDL) TaniFund lebih lanjut!

Rekening Dana Lender (RDL) TaniFund

TaniFund bekerja sama dengan PT. Bank Nasional Indonesia Tbk (Bank BNI) untuk menyediakan Rekening Dana Lender (RDL) bagi para pendana di TaniFund. Lain halnya dengan sistem bank konvensional, Rekening Dana Lender yang tersedia tidak dapat melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM pada umumnya. Jadi, Rekening Dana Lender yang disediakan oleh TaniFund memang memiliki fungsi khusus seperti halnya Rekening Dana Nasabah atau RDN yang biasa digunakan dalam transaksi pasar modal.

Manfaat Rekening Dana Lender (RDL) TaniFund

Selain dari faktor keamanan, Rekening Dana Lender juga memiliki berbagai kelebihan lainnya. Berikut ini adalah manfaat dari memiliki Rekening Dana Lender di TaniFund:

1. Memberikan Kenyamanan dan Keamanan yang Lebih

Setiap Rekening Dana Lender di TaniFund akan dibuat secara khusus atas nama lender. Dengan begitu, Anda sebagai lender akan lebih nyaman apabila ingin melakukan top-up langsung ke rekening milik Anda sendiri tanpa memerlukan Virtual Account yang ditampung pada rekening escrow TaniFund.

Nantinya, dana Anda yang mengendap dan tertampung pada RDL akan lebih terjamin keamanannya karena sudah termasuk ke dalam ketentuan penjaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang disediakan oleh Bank BNI.

2. Tidak Akan Terkena Dampak dari Auto-Withdraw

Manfaat memiliki Rekening Dana Lender yang kedua adalah dapat meniadakan dampak dari auto-withdraw. Pada ketentuan yang tercantum di T+2 OJK, terdapat biaya auto-withdraw yang harus ditanggung oleh lender. Dengan adanya RDL dari TaniFund, Anda sebagai lender akan terhindar dari dampak pemotongan biaya admin karena sistem auto-withdraw.

3. Tidak Memerlukan Biaya Khusus

Berbeda dengan jenis rekening yang lain, Rekening Dana Lender (RDL) memang tidak memiliki biaya khusus lainnya seperti biaya untuk pembukaan rekening, setoran minimum, biaya admin, maupun bunga.

Cara Membuka Rekening Dana Lender TaniFund Melalui Website dan Aplikasi 

Pembukaan Rekening Dana Lender di TaniFund dapat dilakukan secara online. Seluruh prosesnya tergolong mudah dan cepat.  Untuk membuka Rekening Dana Lender, Anda bisa menggunakan website atau mengakses aplikasi TaniFund melalui Google Play Store.

Berikut adalah langkah untuk membuka Rekening Dana Lender (RDL):

  1. Kunjungi website TaniFund, lalu lakukan pendaftaran dan registrasi akun. Pastikan untuk melengkapi seluruh ketentuan yang diwajibkan termasuk melengkapi profil Anda dan menyetujui syarat hingga ketentuan yang diberikan. Pastikan untuk mengisi nomor telepon aktif yang Anda gunakan.
  2. Lakukan pengisian data diri secara lengkap. Supaya tidak menyita waktu terlalu lama, siapkan sejak awal KTP, NPWP hingga nomor rekening Anda. Data ini juga akan digunakan untuk pembuatan akun tanda tangan digital yang diperlukan pada saat melakukan pendanaan. Saat ini, TaniFund bekerjasama dengan PrivyID untuk menyediakan layanan tanda tangan digital untuk Anda.
  3. Tunggu hingga 1×24 jam untuk memastikan akun Anda terdaftar.
  4. Setelah mendapatkan konfirmasi akun dan password PrivyID, Anda dapat menggunakan akun ini untuk mendaftarkan akun RDL Anda untuk melanjutkan proses tanda tangan dokumen pembukaan rekening secara digital.
  5. Temukan link registrasi melalui email yang Anda terima atas nama TaniFund. Lakukan pendaftaran dengan menyetujui dokumen yang dilampirkan.
  6. Pengajuan pembukaan Rekening Dana Lender Anda akan diproses.
  7. Lakukan pengecekan pada email yang Anda gunakan untuk mendaftar.
  8. Pembukaan Rekening Dana Lender (RDL) Anda di TaniFund sudah selesai.

Lama Proses Pembukaan Rekening Dana Lender TaniFund

Proses verifikasi data dan pembukaan RDL Anda biasanya akan memerlukan waktu selama 1×24 jam setelah seluruh proses dan data telah Anda lengkapi. Nantinya Anda akan mendapatkan email notifikasi apabila RDL Anda sudah berhasil diproses.

Namun, yang perlu menjadi catatan adalah RDL yang Anda miliki belum tentu sudah aktif. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah RDL Anda sudah aktif atau belum? Anda dapat melakukan pengecekan pada bagian Dana di dashboard profil akun Anda.

Jika Nomor Rekening Dana Lender Anda telah muncul, berarti RDL yang Anda miliki sudah aktif dan siap digunakan untuk bertransaksi.

Apakah Anda Wajib untuk Menggunakan RDL?

RDL wajib untuk digunakan agar Anda dapat bertransaksi di TaniFund. Saat proses pembuatan akun baru, Anda akan langsung diarahkan untuk pembuatan RDL sebelum bisa melakukan transaksi apapun di TaniFund.

Siapa Saja yang Harus Menggunakan RDL?

Seluruh lender yang terdaftar pada platform P2P Lending TaniFund harus memiliki dan menggunakan RDL demi kenyamanan serta keamanan seluruh lender.

Proses Top-Up dengan Menggunakan Bank Lain

Mengingat bahwa Rekening Dana Lender yang digunakan di TaniFund merupakan produk yang dikeluarkan oleh Bank BNI, maka seluruh proses top-up yang dilakukan dari bank lain akan terkena biaya transfer antar bank.

Cara Kerja Setelah Memiliki RDL TaniFund

Ketika akun RDL TaniFund Anda telah aktif dan siap digunakan untuk melakukan transaksi, maka nomor Rekening Dana Lender akan muncul pada bagian Dana di dashboard profil akun Anda. Seluruh proses top-up yang Anda lakukan harus melalui proses transfer ke RDL milik Anda sendiri.

Anda dapat menarik dana (withdraw) dengan mudah ke rekening bank pribadi Anda yang sudah Anda daftarkan sebelumnya pada proses registrasi.

Capai Kebebasan Finansial Lewat Pendanaan Sosial!

Kebebasan finansial saat ini menjadi topik yang dominan dibahas dalam masyarakat, khususnya generasi milenial. Disamping maraknya membahas soal investasi, ternyata masih banyak masyarakat yang tidak memahami dengan baik konteks memilih instrumen yang tepat untuk melakukan pendanaan. 

Namun dengan adanya mitigasi serta pemanfaatan machine learning, TaniFund menjadi lebih unggul dibanding platform P2P lending lainnya. TaniFund sudah melakukan penilaian kelayakan kredit secara menyeluruh sebelum sebuah proyek disetujui dan dimasukkan ke dalam platform untuk didanai, sehingga meminimalisir risiko pendanaan yang dapat dialami oleh para lender TaniFund. Tertarik untuk mulai mendanai? Download aplikasi TaniFund atau kunjungi website TaniFund dan mulai mendanai sebagai lender! 

Baca juga: Tips & Cara Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula