Edamame Si Cemilan Kesehatan dengan Prospek Bisnis Tinggi

Edamame menjadi salah satu cemilan yang sedang populer pada berbagai kalangan di Indonesia. Edamame tergolong sebagai kacang-kacangan atau biasa disebut kedelai jepang. Istilah Edamame berasal dari Bahasa Jepang yaitu eda yang berarti cabang dan mame berarti kacang. Di negara asalnya, kacang ini sering dijadikan cemilan karena rasanya yang enak dan punya manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat kesehatan apa saja yang kita bisa dapatkan dari edamame? Bolehkah kita makan kacang ini setiap hari? Lalu bagaimana cara memasaknya. Edamame memang kedelai misterius yang mengundang banyak pertanyaan. Nah dalam artikel ini akan dibahas tuntas secara saintifik mengenai edamame. Mari kita simak bersama!

Manfaat Mengkonsumsi Edamame

Edamame merupakan cemilan yang lezat dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya lezat, ternyata edamame menyimpan segudang manfaat. Apa saja manfaat nya?

  • Anti Kanker

Edamame berfungsi sebagai makanan yang memberikan efek sebagai anti kanker. Mengutip dari Home Economic Journal, edamame memiliki kandungan Isoflavon yang berfungsi sebagai anti kanker. Nah menarik bukan? Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan edamame dapat menjadi pilihan anda.

  • Mengurangi Kolesterol Jahat

Kolesterol yang tinggi menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit seperti serangan jantung, stroke dan diabetes tipe 2. Ternyata edamame dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kemampuan edamame menurunkan kolesterol telah terbukti secara saintifik pada 38 Clinical Trial, menunjukan bahwa edamame terbukti menurunkan LDL kolesterol pada manusia. Nah, buat anda yang memiliki masalah kesehatan kolesterol yang tinggi, edamame dapat menjadi solusi bagi anda.

  • Mengurangi Gejala Menopause

Gejala menopause banyak ditandai dengan munculnya rasa terbakar dalam badan, berkeringat di malam hari dan mood yang suka berubah. Gejala tersebut muncul karena adanya perubahan dari hormon estrogen dalam tubuh. Ternyata di dalam edamame terdapat kandungan isoflavon yang mirip dengan estrogen. Sehingga dapat mengurangi gejala menopause.

  • Mengurangi Berat Badan

Edamame dapat membantu program diet anda. Hal ini karena edamame memiliki kalori yang rendah. ½ cup edamame hanya mengandung 95 kalori. Konsumsi kalori yang rendah ini sangat penting untuk menurunkan berat badan. Selain itu, mengkonsumsi edamame juga dapat mencegah rasa lapar anda. Sehingga anda dapat mengontrol asupan makanan lebih baik.

  • Sumber Protein yang Tinggi

Protein merupakan sumber nutrisi yang penting bagi tubuh kita terutama untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Nah itu sebabnya kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Salah satu sumber protein tinggi yaitu edamame.

Edamame memiliki kandungan protein tinggi sebesar 35%-38%. Nilai ini lebih tinggi dari sumber protein lainnya seperti telur yang hanya sebesar 16% atau daging ayam hanya 21%. Oleh karena itu, edamame cocok sebagai pilihan makanan berprotein tinggi anda terutama bagi yang sedang menjalani program gym.

Ternyata mengkonsumsi edamame banyak manfaatnya ya untuk kita. Lalu bagaimana sih cara memasak edamame? Apakah ada teknik atau cara khusus dalam proses memasaknya? Ayo kita lihat cara memasak edamame!

Cara Memasak Edamame

Sebelumnya kita sudah melihat banyak manfaat kesehatan dengan mengkonsumsi edamame. Lalu bagaimana proses memasak edamame yang baik dan benar? Mengutip dari The Spruce Eat, ini cara yang benar memasak edamame.

  • Merebus Edamame

Teknik memasak dengan merebus menjadi cara yang paling gampang untuk mengolah edamame. Caranya cukup dengan menyiapkan panci yang diisi dengan air. Selanjutnya, untuk menambah rasa pada edamame, ditambahkan garam secukupnya di dalam air. Barulah, edamame dimasukan dalam panci sampai kacangnya lembut (kurang lebih selama 5 menit). Setelah itu, tiriskan air sambil dibilas dengan air sampai dingin lalu tambahkan bumbu sesuai selera

  • Mengukus Edamame

Teknik mengukus merupakan proses mematangkan masakan dengan menggunakan uap panas dari air rebusan. Edamame juga cocok dimasak melalui proses mengukus. Pertama-tama, masukan air setinggi satu inci pada steamer. Selanjutnya, masukan edamame pada keranjang steamer. Kemudian didihkan air pada steamer dan kukus selama 5 sampai 10 menit.

  • Memasak dengan Microwave

Cara tercepat untuk memasak edamame yaitu dengan menggunakan microwave. Caranya cukup masukan edamame dalam wadah microwave. Jika anda memasak edamame segar, basahkan kacangnya dengan beberapa tetes air. Gunakan tanganmu yang basah untuk memercikan air ke dalam mangkuk. Selanjutnya, tutup mangkuk dengan tisu dan mulai microwave selama 3 menit. Biasanya dalam waktu ini edamame sudah lembut dan siap untuk anda santap bersama keluarga atau teman.

  • Teknik Memasak Pan Seared

Pan seared merupakan salah satu teknik memasak yang jarang digunakan untuk edamame tapi dikenal sebagai teknik memasak yang sehat. Panaskan panci dengan temperatur tinggi sampai panci panas. Untuk mengetes apakah panci sudah siap, percikan air ke dalam panci, jika sudah maka akan ada bunyi percikan air yang mendidih. Selanjutnya, masukan edamame pada panci dan turunkan suhu sampai medium-high. Aduk perlahan edamame sampai kulit luarnya kehitaman. Kemudian tambahkan bumbu sesuai selera dan edamame siap untuk disajikan.

Nah cukup mudah dan praktis bukan untuk memasak edamame. Karena banyak manfaat dan cukup praktis memasaknya makanya banyak orang yang membeli edamame untuk dijadikan cemilan. Ini bisa jadi peluang bisnis bagi anda loh karena permintaan edamame yang tinggi. Mari kita simak peluang bisnis edamame !!!

Prospek Bisnis Edamame

Edamame memiliki prospek bisnis yang cukup menjanjikan loh bagi anda. Tren mengkonsumsi edamame mulai banyak dilakukan oleh masyarakat sehingga permintaan pasarnya cukup tinggi. Selain itu, kompetisinya di Indonesia juga masih cukup rendah. Banyak pasokan edamame yang diperoleh secara impor. Sehingga peluang budidaya lokal untuk berkembang sangat terbuka lebar.

Lalu bagaimana dengan penjualan edamame? Konsumen edamame tidak sulit untuk ditemukan. Anda dapat menjual edamame kepada pelaku bisnis kuliner yang membutuhkan edamame untuk bahan baku pembuatan produknya. Selain itu, anda juga dapat menjual edamame kepada pengepul.

Produktivitas tanaman edamame juga cukup tinggi. Dalam luasan lahan sebesar 3 ha, dapat memproduksi 1-1.5 ton edamame per harinya. Dengan kapasitas produksi tersebut dapat menghasilkan omset 60 juta per bulannya. Selain itu, masa panennya juga relatif singkat yaitu selama 63-80 HST.

Prospek tanaman edamame bagus bukan? Dari permintaannya yang tinggi karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan memasaknya yang praktis. Selain itu, dalam segi produksi juga memiliki produktivitas yang tinggi pula. Anda berminat budidaya edamame tapi tidak memiliki modal yang cukup? Jangan khawatir, Tanifund punya solusi untuk anda!

Bersama Tanifund, Majukan Pertanian di Indonesia

Sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa edamame punya banyak manfaat bagi kesehatan. Sehingga permintaanya tinggi dan dapat menjadi sebuah peluang usaha yang baik. Selain itu, penanamannya juga relatif singkat dan produktivitas yang tinggi. Anda berminat membudidayakan edamame tapi kekurangan dana? Nah, TaniFund dapat menjadi solusi bagi budidaya edamame atau lahan pertanian. Segera ajukan pendanaan untuk lahan pertanian Anda!

TaniFund adalah platform P2P lending agrikultur yang mempertemukan Anda dengan dengan para pendana yang siap memberikan pendanaan untuk mengembangkan pertanian di Indonesia. Bagi Anda yang ingin mulai budidaya namun terkendala modal ayo menjadi mitra Tanifund. Di zaman sekarang modal bukan persoalan utama lagi! Asalkan Anda memiliki bisnis budidaya yang  berkualitas, modal bukan penghalang.

Tidak hanya itu, Tanifund juga memberikan pendampingan untuk memaksimalkan potensi budidaya Anda. Dalam proses budidaya, tentunya perlu mengoptimalkan kandungan nutrisi tanah untuk memaksimalkan produksi Anda. TaniFund memiliki berbagai ahli agronomis yang sudah berpengalaman di bidang pertanian dan akan siap sedia membantu Anda. Jadi tunggu apa lagi? Bersama Tanifund ayo majukan pertanian di Indonesia.