Kebebasan Finansial Bisa Diraih Sejak Dini!

capai-kebebasan-finansial-lewat-langkah-sosial

Kebebasan finansial adalah tujuan keuangan yang diinginkan oleh setiap orang. Pasalnya, untuk mencapai kebebasan finansial itu sendiri ada banyak hal yang wajib dilakukan juga dipahami. Tidak semua orang memahami literatur finansial dengan baik dan cenderung mengikuti trend. Hal inilah yang sering kali membuat Anda menjadi tidak bijak dalam berinvestasi ataupun mengembangkan dana yang dimiliki. 

Sebagai platform peer to peer (P2P) lending yang sudah berdiri sejak tahun 2017, TaniFund berfokus dalam mendukung akses permodalan kepada para petani dan pengusaha UMKM. Di tahun 2021 ini TaniFund meluncurkan aplikasi Android untuk mempermudah para pemberi dana dalam melakukan pendanaan dan ikut serta mendukung akses permodalan kepada para petani dan pengusaha UMKM. Anda bisa mewujudkan kebebasan finansial dengan melakukan pendanaan di TaniFund!

Memulai berkomitmen untuk mencapai kebebasan finansial tentu tidak harus dimulai dengan pengalaman yang buruk dan salah. Anda bisa memulainya dengan mengenali terlebih dahulu dengan mengedukasi diri. Berikut adalah hal yang bisa Anda pelajari.

1. Kenal Kondisi Keuangan 

Sebelum melakukan pendanaan ataupun berinvestasi, Anda harus mampu mengukur seberapa stabil kondisi keuanganmu setiap bulannya? Berapa uang yang Anda gunakan setiap bulannya hingga adakah sisa simpanan yang Anda sisihkan untuk beberapa hal darurat di depan? Mengenal kondisi keuangan di awal adalah langkah yang tepat untuk nantinya Anda memahami berapa banyak dana yang dapat disisihkan untuk digunakan dalam investasi.

2. Anggaran Bulanan 

Seringkali anggaran bulanan menjadi hal yang sering diabaikan, padahal dengan adanya penetapan anggaran bulanan ini membantu Anda menjadi lebih mawas diri. Anda bisa menggunakan prinsip 10-20-30-40 dengan alokasi berurutan untuk kebaikan, masa depan, cicilan hingga kebutuhan. 

Selain itu, ada prinsip lainnya seperti 50-30-20 dengan alokasi kebutuhan, keinginan dan tabungan. Dengan adanya persentase penggunaan keuangan seperti ini seharusnya Anda bisa menjadi lebih disiplin dalam menabung dan mengingat masa depan. Ingat, bahwa kebebasan finansial tidak diperoleh dengan mudah, ya! Anda wajib menerapkannya dengan konsistensi, perhitungan dan alokasi pendanaan yang sesuai dengan kebutuhan. 

3. Metode SMART 

Metode SMART biasanya terkenal dalam dunia bisnis yaitu Specific, Measureable, Achievable, Realistic dan Time. Jika metode ini diaplikasikan dalam kehidupan, Anda dapat terbantu untuk mencapai kestabilan finansial yang terukur. Penerapan metode ini dapat mengajarkan Anda untuk mencapai kestabilan dalam finansial seperti dari berbagai usaha, upgrade skill, ataupun menggunakan berbagai instrumen investasi hingga peer-to-peer lending (P2P lending). 

4. P2P Lending

Platform P2P lending bisa menjadi salah satu alternatif pendanaan untuk  mengembangkan keuangan Anda saat ini. Banyak sekali milenial mulai mempertimbangkan untuk menggunakan platform P2P lending sebagai salah satu cara yang efektif untuk memperoleh dana tambahan. Terlebih lagi, dalam melakukan pendanaan di P2P lending Anda bisa mulai pendanaan hanya dari Rp100.000 saja.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda menggunakan platform P2P lending yaitu profil risiko dari target peminjam. Jadi, saran terbaik untuk Anda adalah kenali dengan baik sektor bisnis atau keperluan yang hendak Anda danai. 

5. Upgrade Skill & Personality

Tentu saja ini sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, untuk mencapai kestabilan secara finansial Anda diharapkan dapat upgrade skill dan personality Anda. Mengapa? Ini merupakan salah satu investasi yang tentu akan berguna dari waktu ke waktu. Sehingga, jangan jemu-jemu untuk berinvestasi pada diri sendiri. Untuk mencapai kebebasan finansial, Anda juga bisa mengembangkan keahlian Anda agar dapat membuka sumber pemasukan lainnya melalui keterampilan lain yang Anda miliki.

Pendanaan Berdampak Dengan Resiko Terukur di TaniFund 

Pendanaan berdampak yang TaniFund sediakan memang bergerak dalam sektor agrikultur seperti budidaya hingga UMKM di bidang pangan. Potensi perkembangan sektor pertanian dan pangan Indonesia sangat besar sebagai negara agraris. Nyatanya peranan petani sangat berdampak bagi hidup kita, tahun 2045 sendiri Indonesia ditargetkan menjadi lumbung pangan dunia. Untuk mewujudkan visi bersama ini, kita perlu melihat sumber daya yang ada di Indonesia. 

Melalui riset yang dilakukan TaniFund, ternyata sebanyak 61% para petani yang berusia diatas 45 tahun, 74% dari mereka masih menggunakan peralatan konvensional dan 54% hanya memiliki lahan seluas 0.3 ha. Penggunaan teknologi dalam proses komersialisasi pun terbilang sangat rendah, karena ternyata 87% dari para petani nyatanya tidak memahami penggunaan smartphone. 

Ditambah pengelolaan keuangan dan keuntungan yang masih tidak dimaksimalkan, hampir 97% dari para petani tidak melakukan perhitungan keuntungan dengan maksimal. Padahal, terhitung sejak pandemi tahun lalu, tahun ini sektor pertanian meningkat 8.72% dibandingkan periode tahun lalu. Sehingga, sektor pertanian ini tentu menjadi sektor yang berpotensi jika dikembangkan secara bersinergi. 

Di TaniFund sendiri Anda dapat melakukan pendanaan terukur yang dimulai dari Rp100.000 saja, pengembalian pinjaman sendiripun memiliki bunga 12-18% p.a. Per Oktober 2021, total pinjaman yang sudah terkumpul dan disalurkan kepada para petani dan UMKM sudah melebihi Rp370 miliar dengan total pinjaman lunas lebih dari Rp230 miliar dan rata-rata pengembalian berkisar 14.20% p.a. Anda dapat mengakses pendanaan melalui halaman proyek TaniFund, dimana Anda dapat mengakses beragam macam proyek pendanaan budidaya

TaniFund juga sudah berizin dan diawasi oleh OJK, melakukan mitigasi risiko untuk meminimalisir risiko pendanaan serta melakukan pendampingan lapangan kepada para peminjam untuk memastikan pertumbuhan dana Anda.

#AdaDampakUntukSemua Peluncuran Aplikasi TaniFund: Financial Upgrade with Impact

peluncuran-aplikasi-tanifund

Jangan lewatkan webinar kelas finansial TaniFund dengan topik Financial Upgrade with Impact bersama Natalia Rialucky Marsudi (CSO TaniHub Group), William Setiawan (VP of Product & Co-Founder TaniHub Group) dan Felicia Putri Tjiasaka (Co-Founder Ternak Uang). 

Kebebasan finansial tidak diraih dengan cepat, ya! Anda perlu mempelajari proses dan dasar dalam melakukan pendanaan. Dengan mengikuti webinar ini Anda bisa memahami berbagai tujuan keuangan Anda, cara mencapainya, mengelola keuangan dan diversifikasi portofolio di P2P lending, khususnya di TaniFund. 

Dengan menghadiri kelas finansial ini, Anda juga dapat memahami penggunaan aplikasi TaniFund dan fitur-fiturnya yang dapat membantu Anda untuk nyaman melakukan pendanaan berdampak sosial. Financial upgrade ini tidak hanya sekedar untuk diri sendiri, tetapi juga berdampak pada perekonomian para petani dan pengusaha UMKM lokal.

Tunggu apalagi? Daftar webinar dan peluncuran aplikasi TaniFund sekarang di bit.ly/AppLaunchTF dan raih kesempatan mendapatkan Experience Voucher untuk pendanaan di TaniFund hingga Rp 3 juta!