Alpukat Hass Dari Segi Manfaat & Prospek Bisnis

Alpukat hass merupakan salah satu jenis alpukat primadona dari amerika latin yang banyak digemari karena rasanya yang enak. Masyarakat merasa bahwa alpukat hass memiliki kualitas yang lebih baik dari segi cita rasa maupun teksturnya. Hal ini menyebabkan alpukat hass menjadi lebih populer dibandingkan jenis alpukat lainnya. 

Mengutip dari Smithsonian Magazine, alpukat hass menyimpan sejarah yang cukup unik. Cerita dimulai pada tahun 1926 ketika seorang tukang pos bernama Hass membeli bibit alpukat. Namun, alpukat tersebut tidak berbuah, kemudian Hass membiarkan alpukat tersebut tumbuh. 

Selanjutnya, anak dari hass menemukan pohon alpukat tersebut berbuah. Dia pun mencoba buah tersebut dan merasa bahwa buah itu jauh lebih enak dari buah lainnya. Kemudian mereka membawa buah tersebut kepada Hass. Setelah Hass mencobanya, ia pun merasakan yang sama tentang cita rasa dari alpukat ini.

Saat itu, jenis varietas alpukat yang terkenal yaitu Fuerte dengan buah yang halus, kulit tipis dan warna hijau yang cerah. Ternyata alpukat Hass memiliki keunggulan daripada jenis tersebut. Pohonnya tumbuh dengan cepat dan mampu memproduksi alpukat dalam jumlah yang lebih banyak hanya dari tahun pertama atau ketiga. Selain itu, kulit alpukat hass yang lebih tebal mempermudah untuk pengiriman pada daerah yang jauh.

Hass pun membuat paten dari jenis alpukatnya tersebut pada tahun 1935. Dia dengan partnernya yang bernama Harold H. Brokaw mulai memperkenalkan varietas alpukat Hass. Seiring berjalannya waktu alpukat hass mulai populer ke seluruh penjuru dunia.

Menarik bukan mengenal sejarah dari alpukat hass? Ternyata alpukat hass populer tidak hanya karena cita rasanya yang lezat. Alpukat jenis ini juga terkenal karena manfaatnya bagi kesehatan. Ayo kita simak manfaat alpukat hass untuk kesehatan!

5 Manfaat Alpukat Hass untuk Kesehatan

Alpukat hass memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Kira-kira apa saja manfaat dari mengkonsumsi alpukat hass? Mengutip dari Critical Reviews in Food Science and Nutrition, inilah manfaat dari alpukat hass.

1. Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi buah alpukat ternyata baik untuk anda yang ingin mencegah kolesterol tinggi. Sebuah penelitian menunjukan, mengkonsumsi alpukat sebanyak 0.5-1.5 per harinya dapat membantu menjaga kestabilan kolesterol pada pria. Nutrisi pada buah alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. 

2. Menurunkan Berat Badan

Buah-buahan sering dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Ternyata buah alpukat juga bisa membantu anda yang menjalani program diet. Penelitian menunjukan, mengkonsumsi satu setengah alpukat (200 gram) dapat membantu menurunkan berat badan. Menarik bukan? Wajar saja buah ini memiliki peminat yang tinggi karena banyak diincar untuk membantu menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Alpukat hass juga dapat memperbaiki kesehatan dari mata anda. Hal ini dikarenakan, alpukat hass memiliki kandungan MUFA dan lutein/zeaxanthin. Kedua kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki kesehatan mata karena meningkatkan penyerapan karotenoid. Di dalam alpukat juga memiliki kandungan lutein/zeaxanthin yang tinggi sebesar 185 mikrogram setiap setengah buahnya. Kandungan ini jauh lebih banyak dibandingkan buah atau sayuran lainnya.

4. Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan peradangan sendi akibat kerusakan dari tulang rawan. Kondisi ini menyebabkan sendi terasa sakit, kaku dan bengkak. Konsumsi buah alpukat hass juga dapat mencegah terjadinya osteoarthritis. Hanya dengan mengkonsumsi alpukat sebanyak 300 mg setiap harinya dapat membantu mencegah terjadinya osteoarthritis.

5. Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit menjadi salah satu hal yang banyak diperhatikan oleh kita. Kita pastinya ingin memiliki kulit yang mulus, bersinar dan cerah. Sinar UV dan radiasi menjadi ancaman terbesar bagi kesehatan kulit. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan kulit, buah alpukat dapat menjadi pilihan.  Alpukat memiliki kandungan lutein/zeaxanthin yang dapat melindungi kulit anda dari sinar UV dan radiasi dari sinar matahari.

3 Keunggulan Alpukat Hass

Alpukat Hass memiliki keunggulan dibandingkan dengan varietas alpukat lainya. Bahkan hampir 90% buah alpukat di dunia merupakan alpukat hass. Lalu apa yang menyebabkan jenis ini lebih disukai daripada varietas lainnya? Ayo kita simak bersama

1. Daya Penyimpanan yang Tinggi

Daya penyimpanan menjadi salah satu perhatian khusus terutama pada buah-buahan. Varietas dengan daya simpan yang lebih lama akan menjadi primadona. Karena mudah untuk pengiriman pada jarak yang jauh. Nah hal ini yang menjadi salah satu keunggulan dari alpukat hass. Daya simpan alpukat hass merupakan yang paling lama jika dibandingkan dengan varietas lainnya. Daya simpan varietas hass dapat mencapai 2 sampai 3 minggu. 

2. Cita Rasa yang Lebih Disukai

Cita rasa menjadi salah satu faktor penting dari varietas karena jenis dengan cita rasa lebih enak akan banyak disukai oleh kostumer. Alpukat hass memiliki rasa 75% krim dan sangat enak. Dengan karakteristik tersebut, varietas alpukat hass cocok digunakan untuk membuat smoothie, salad atau facial. Oleh karena itu, permintaan akan alpukat hass sangat tinggi dipasaran.

3. Punya Kadar Minyak yang Tinggi

Keunggulan alpukat hass yaitu punya kadar minyak yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai pengganti margarin. Alpukat hass memiliki kandungan minyak yang tinggi jika dibandingkan dengan varietas lainnya. Varietas ini memiliki kandungan minyak sebesar 17% dalam 100 gram sari buah. Dimana di beberapa negara produksi minyak sangat dihargai sebagai pengganti minyak lainnya.

Nah dari banyaknya manfaat baik bagi kesehatan maupun dari cita rasa menjadikan alpukat hass sebagai varietas yang unggul. Hal ini membuat alpukat hass mempunyai prospek bisnis yang besar. Bagaimana prospek bisnis alpukat hass? Mari kita simak!

Prospek Bisnis Alpukat Hass

Setelah melihat banyaknya manfaat baik bagi kesehatan maupun dari cita rasa, alpukat hass banyak kelebihan bukan? Apakah anda tertarik membudidayakan alpukat hass? Nah sebelum itu mari kita lihat bagaimana prospek dari alpukat hass.

Alpukat hass memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Sebanyak 80% alpukat yang tersedia di USA merupakan alpukat hass. Sedangkan pada pasar dalam negeri, produksi alpukat hass belum cukup sehingga masih mengandalkan impor dari luar negeri. Hal ini tentunya membuka peluang adanya pembudidaya alpukat hass lokal.

Lalu bagaimana harga dari alpukat hass? Alpukat hass memiliki harga yang fantastis. Harga alpukat hass berkisar antara Rp 220.000- Rp 400.000. Sangat tinggi bukan? Nah itu sebabnya budidaya alpukat hass sangat menguntungkan. Tidak hanya pasarnya yang relatif mudah tapi harganya juga mahal.

Alpukat hass juga memiliki produktivitas yang tinggi. Varietas alpukat hass terkenal karena tanamannya yang cepat untuk berbuah dibandingkan jenis lainnya. Alpukat hass dapat berbuah pada tahun ke 2 sampai 3. Selain itu buahnya juga relatif lebih banyak dibandingkan jenis lainnya.

Kembangkan Pertanian Alpukat Hass bersama Tanifund

Nah menarik bukan prospek dari budidaya alpukat hass? Anda ingin mencoba terjun ke bisnis alpukat hass? Namun, anda kekurangan modal untuk usaha? Sekarang untuk memulai bisnis modal tidak jadi kendala lagi loh. Namun, yang terpenting adalah kualitas dari usaha anda. Usaha anda berkualitas tapi kurang modal? Tanifund bisa menjadi solusi anda!

Tanifund dapat menjadi solusi untuk Anda berkembang bersama untuk memajukan pertanian Indonesia. Dengan Tanifund Anda tidak perlu khawatir untuk permodalan usaha Anda asalkan model usaha Anda berkualitas. Jangan ragu, daftarkan diri Anda sebagai mitra TaniFund dan ajukan Pinjaman modal usaha tani, budidaya dan pangan

TaniFund adalah platform P2P lending yang mempertemukan Anda dengan dengan para pendana yang siap memberikan pendanaan untuk mengembangkan pertanian di Indonesia. Bagi Anda yang ingin mulai budidaya namun terkendala modal ayo menjadi mitra Tanifund. Saat ini keterbatasan modal bukan lagi menjadi halangan. Mari majukan pertanian Indonesia dengan bakat dan talenta Anda! TaniFund memiliki berbagai ahli agronomis yang sudah berpengalaman di bidang pertanian dan akan siap sedia membantu Anda. Jadi tunggu apa lagi? Bersama Tanifund ayo majukan pertanian di Indonesia