Bisnis Menjanjikan Sepanjang Tahun 2022

Bisnis yang menjanjikan di tahun 2022 tentu saja banyak dan beragam. Jika kamu sedang bingung mencari ide bisnis yang menjanjikan untuk memulai bisnis di tahun 2022? Tenang saja, TaniFund telah menyiapkan beberapa ide bisnis yang menarik serta potensial untuk Anda coba. Ide-ide bisnis ini dapat Anda jadikan sebagai referensi ataupun inspirasi untuk bisa mengartikulasikan ide bisnis Anda menjadi rencana bisnis yang matang!

Menurut Forbes mengenai analisa bisnis trend yang penting untuk dilakukan di tahun 2022 ini adalah memastikan bahwa Anda memahami tujuan dari bisnis. Juga tidak lupa mengintegrasikannya secara digital agar lebih mudah ditemukan. Bicara bisnis tentunya kita berbicara investasi dengan return yang pasti setiap bulannya. 

Pandemi tentunya banyak mengubah cara berpikir konsumen dalam membeli sebuah barang dimana pastinya konsumen lebih dominan beralih secara digital. Bisnis yang menjanjikan adalah eksekusi keputusan yang dijalankan, jadi jika Anda hanya kerap menyusun rencana tanpa aksi tentu saja Anda akan tersaingi. Namun ada baiknya sebelum memulai bisnis, pastikan untuk melakukan riset terbaikmu. Nah, sebelum beralih mari kita lihat ini dia deretan bisnis yang menjanjikan di Tahun 2022 versi TaniFund!

30 Ide Bisnis yang Menjanjikan Untuk Digeluti

Sebelum memulai bisnis, Anda harus menemukan terlebih dahulu jenis produk ataupun jasa yang memang dibutuhkan oleh target pasar Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki pengalaman serta kemampuan untuk bisa mengembangkan bisnis produk ataupun jasa tersebut secara terstruktur dan detail. Nah, ini dia beberapa ide bisnis yang menjanjikan ini dapat Anda coba! 

Bisnis FnB 

Bisnis FnB mulai dari makanan hingga minuman menjadi bisnis yang memiliki peluang yang tinggi dari waktu ke waktu. Faktanya menurut data yang dikemukakan oleh Media Indonesia, bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang stabil dan maju di kala pandemi. Tentu saja ini dikarenakan kemampuan para pengusaha untuk beradaptasi terhadap berbagai perubahan teknologi. Berikut adalah bisnis-bisnis yang patut Anda coba! 

1. Coffee Shop 

Bisnis yang satu ini sangat dipengaruhi oleh tempat dan kualitas. Biasanya jika Anda memilih tempat yang tergolong strategis dan memang sering dijadikan lokasi untuk nongkrong. Maka, coffee shop yang Anda miliki ini bisa membawa keuntungan paling sedikit Rp 1 juta setiap harinya. 

Hal yang wajib diperhatikan saat memiliki coffee shop adalah desain interior hingga keragaman menu yang ada pada kedai kopi yang dimiliki. Jangan lupa jadikan coffee shop Anda menjadi tempat yang nyaman untuk dijadikan tempat bersantai ataupun fokus. Pencahayaan dan interior yang simpel sebenarnya sudah menjadi kunci utama.

2. Kursus Online

Semakin banyak keterampilan tentunya Anda menjadi lebih kaya secara kepribadian. Nah, akan menjadi lebih baik lagi jika setiap keterampilan yang Anda miliki dapat dibagikan kepada mereka yang membutuhkan ilmu tersebut. 

Nah, peluang inipun bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan kursus online yang dapat berguna untuk menambah pundi-pundi keuangan Anda kedepannya. Mengadakan kursus online sebenarnya tidak mengharuskan Anda untuk memiliki peralatan canggih untuk merekam, namun Anda bisa menggunakan handphone untuk dijadikan untuk merekam proses pemberian materi. 

3. Usaha Catering 

Catering adalah bisnis yang tergolong menguntungkan untuk dilakukan apalagi jika Anda adalah ibu rumah tangga. Usaha catering menjadi bisnis yang menjanjikan jika dikelola dengan tim. Bisnis ini memang harus dikelola dengan teliti dan tidak bisa sembarangan. 

Makanan adalah kebutuhan primer setiap orang, jadi berbisnis dalam sektor makanan tentu menjadi bisnis yang menjanjikan untuk dikelola dengan baik sejak awal. Usaha katering ini memang memiliki banyak jenisnya, bisa dimulai dari catering makanan sehat hingga penyediaan makanan pada acara khusus.

4. Frozen Food

Dengan adanya integrasi industri bisnis makanan dengan digital, ini membuat bisnis makanan dapat berkembang pesat secara penjualan. Menurut Forbes, era digital saat ini nyatanya membuktikan pasar dan masyarakat bahwa bisnis makanan memiliki potensi pesat untuk berkembang dengan bantuan digitalisasi. 

Bicara makanan, inovasi yang bisa kita kembangkan dengan baik salah satunya adalah frozen food. Snack beku seperti ini ringan dikonsumsi juga ringan di kantong. Berjualan snack beku ini juga tentunya dapat menghasilkan profit yang tinggi. 

5. Waralaba minuman 

Bisnis seputar pangan memang tidak akan ada habisnya, khususnya dalam bidang minuman. Bicara tentang minuman, hal yang paling penting diperhatikan adalah kualitas packaging dan rasa yang dimiliki. Minuman memang menjadi bisnis yang menjanjikan karena modal yang diperlukan tidak banyak. Hanya saja hal yang perlu dipastikan adalah kualitas hingga kadaluarsa dari produk. 

Minuman saat ini memang menjadi salah satu makanan yang selalu mengikuti tren bisnis dan pasar. Saat hendak memulai bisnis minuman sama halnya seperti coffee shop, perhatikan lokasi yang tepat, keunikan packaging hingga harga yang akan ditetapkan per botol. Ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu.

6. Kedai Makanan 

Membuka kedai makanan juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk kedepannya karena ini adalah kebutuhan primer setiap orang. Untuk sukses dalam bisnis ini hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi, rasa dan kebersihan. 

Saat pandemi seperti ini, jangan lupa untuk meningkatkan visibilitas dari bisnis yang Anda miliki. Sama halnya dengan branding dan reputasi dari rumah makan yang dijalankan. Paling tidak menganalisa dengan baik potensi menu yang dapat Anda kembangkan dengan baik. 

7. Food Truck 

Bisnis makanan yang satu ini dinilai cukup efisien dan tidak membutuhkan modal yang begitu besar sampai harus menyewa tempat. Hanya saja biaya membuat properti untuk menjual makanan tidaklah murah. Namun, dengan memiliki food truck ini bisa membuat Anda menjadi lebih efisien karena dapat memperluas jangkauan restoran yang sudah ada. Nah, ada beberapa keuntungan lain jika memiliki food truck, Anda bisa mendapatkan exposure yang tinggi terhadap brand Anda di berbagai daerah. 

Anda juga tidak harus membayar biaya sewa yang tinggi jika tidak memarkir kendaraan dan memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai Event. Adapun berbagai rekomendasi mobil food truck seperti Daihatsu Gran Max, Isuzu Traga dan Toyota Dyna. 

Usaha Tanaman & Buah-Buahan

Bisnis yang menjanjikan kali ini berasal dari bahan pangan dimana ini menjadi kebutuhan utama setiap orang. Olahan tanaman hingga buah-buahan bisa dimanfaatkan menjadi sumber bisnis baru mulai dari FnB hingga dekorasi parsel. Ini dia rekomendasi usaha bisnis tananam dan buah-buahan yang bisa menjanjikan di tahun 2022 ini!

8. Bibit Tanaman

Bisnis bibit tanaman dikategorikan menjadi bisnis yang dapat dikelola dengan menjadi reseller. Sehingga Anda hanya perlu berkenalan dan menjalin hubungan baik dengan para komunitas petani budidaya. Anda kemudian dapat menjual berbagai macam bibit, range harga bibit sendiri mulai dari Rp 30.000 setiap kotaknya. 

Semakin langka tumbuhan atau buah, biasanya harga bibit semakin lebih tinggi. Pastikan pasokan bibit tanaman atau buah yang dipersiapkan adalah tanaman dan buah-buahan yang sedang dicari dalam pasar. Anda dapat menjualnya melalui online untuk menjangkau pasar yang lebih besar. Menarik bukan menjadi reseller penjual bibit tanaman? Akan lebih maksimal jika Anda memahami beberapa tanaman cepat panen dan mahal saat dijual!

9. Jus & Salad Buah 

Jus & Salad buah juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan. Jika Anda memiliki ruko di tempat yang cukup strategis, bisnis jus tentunya bisa membawa keuntungan. Nah untuk mencegah jus menjadi busuk, Anda bisa mengolahnya menjadi salad buah. 

Bisnis salad buah bisa menjadi lebih baik jika Anda dapat menjaga kualitas dari buah-buahan dengan baik. Untuk itu jika memiliki bisnis buah-buahan dengan model seperti ini, Anda perlu memperhatikan fisik, tekstur hingga bau dari buah dengan baik sejak awal mengisi stok buah-buahan. 

10. Parcel 

Nah bicara tentang jus dan salad buah, tentu saja parsel bisa menjadi salah satu jasa yang Anda juga dapat berikan. Namun jika ternyata Anda keberatan untuk menyetok buah, Anda bisa menjual parsel secara online. Sehingga Anda tidak harus menyetok buah untuk menghindari adanya kerugian yang dapat terjadi. 

Parcel adalah bisnis yang cukup dibutuhkan, jadi berhubungan dengan jasa ini memang yang dibutuhkan hanyalah dalam beberapa acara tertentu saja. Maka, solusi menjalankannya Anda bisa memasarkan secara online menggunakan iklan atau memberikan berbagai promo menarik kepada komunitas. 

11. Merangkai Bunga 

Merangkai bunga saat ini menjadi salah satu bisnis yang menarik dan bahkan menyenangkan untuk dilakukan. Merangkai bunga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan jika Anda menyediakan berbagai macam bentuk hingga variasi rangkaian bunga. 

Merangkai bunga tidaklah mudah ya Sahabat Tani, dibutuhkan keahlian dan keterampilan terasah yang baik. Keuntungannya jika Anda dapat dengan telaten mengelola bisnis merangkai bunga ini dari waktu ke waktu, seiring waktu bisnis bunga Anda akan semakin kuat jangkauannya. 

Usaha Jasa 

Usaha jasa sudah pasti dituntut untuk memiliki keterampilan hingga pengetahuan yang mumpuni dalam bidangnya. Biasanya dalam bidang ini juga dibutuhkan kreativitas untuk membuat Anda berbeda dari yang lainnya. Anda dapat memanfaatkan personal branding untuk memaksimalkan penerimaan penawaran jasa yang terbuka untukmu. Yuk simak berikut beberapa bisnis yang menjanjikan dalam bidang jasa! 

12. Barber Shop 

Bisnis barbershop adalah salah satu bisnis yang menarik untuk ditekuni, masalah banyak yang berpikiran bahwa membuka bisnis ini memerlukan modal awal yang besar. Pasalnya dalam berbisnis pun tidak semata-mata memulai tanpa menggunakan uang. 

Adapun alat-alat yang dibutuhkan pada umumnya adalah alat cukur atau razor, shaving cream, water spray, sisir dengan berbagai ukuran, clipper atau mesin cukur, apron, kursi barber dan handuk. Nah, karena saat ini sedang dalam keadaan pandemi, maka Anda perlu memastikan untuk memperlengkapi barbershop Anda dengan berbagai peralatan kebersihan.

Jadi, sahabat Tani wajib menyadari bahwa belanja keperluan hingga kursus keahlian untuk sesuatu yang bernilai jangka panjang adalah tentunya suatu investasi yang berharga terhadap diri sendiri. 

13. Aksesoris Handmade

Jika Anda adalah seorang yang senang menekuni karya seni perhiasan, pembuatan seni handmade ini ternyata tidak membutuhkan cukup banyak modal. Hanya saja keterampilan dan imajinasi yang tinggi sangat diperlukan.

Tentu saja modal bisa saja tidak cukup, namun juga memerlukan ketekunan untuk mengasah talenta yang ada pada diri Anda. Untuk mendapatkan penjualan dan eksposur brand yang tinggi, Anda juga perlu menjualnya dalam online dan memasarkannya melalui media sosial maupun komunitas. 

14. Desain Interior rumah

Berkarir sebagai seorang desain interior rumah tentu saja menjadi pekerjaan yang idamkan dan keahlian yang memang diinginkan setiap orang. Pasalnya untuk menjadi seorang desainer rumah dan ruangan, Anda harus memiliki kemampuan khusus yang memang memahami dunia estetik. 

Saat ini interior rumah yang banyak diminati oleh masyarakat adalah konsep minimalis. Jika ingin menjadi desainer interior rumah yang handal, Anda wajib memperhatikan trend dalam pasar dan tetap menjadi autentik. 

15. Daycare Anak 

Bisnis daycare sendiri belum terlalu banyak tersebar, biasanya bisnis daycare ini sangat dibutuhkan oleh suami istri yang keduanya bekerja. Menurut beberapa penelitian mengenai pola pengasuhan anak mengemukakan bahwa anak yang tumbuh dan dijaga di dalam daycare cenderung tidak memiliki tingkat emosional dan perilaku. 

Sebaliknya pada anak yang diasuh oleh perantara selain orang tua seperti kakak atau babysitter justru cenderung memiliki masalah terhadap perilaku. Jadi, dengan adanya daycare ini tentunya menjadi suatu hal yang potensial bagi Anda untuk dikembangkan. 

16. Affiliate marketing

Affiliate marketing adalah istilah kerjasama marketing dimana Anda menjadi agen yang membantu proses penjualan dan mendapatkan komisi setiap penjualan terjadi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjadi affiliate marketing adalah pentingnya memasarkan bisnis perusahaan melalui produk dengan benar. 

Tips sukses untuk menjalankannya adalah dengan memastikan sistem pembayaran jasa dengan baik oleh perusahaan yang bersangkutan. Jadi, baiknya jangan sembarang mengikuti program affiliate marketing tanpa dengan jelas memahami tugas dan ketentuan komisi yang akan Anda dapatkan. 

17. Pet Kit 

Biaya grooming hewan setiap pelanggan bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 55 ribu untuk mempercantik binatang peliharaannya. Sedangkan biaya makanan hewan biasanya bervariasi dari Rp 20 ribu hingga Rp 200 ribu lebih. Saat COVID-19 peningkatan adopsi hewan peliharaan meningkat hingga 250%. 

Sehingga, peluang membuka Pet Kit ini di tempat manapun menjadi keuntungan tersendiri bagi yang membukanya. Pastikan memilih tempat yang cukup strategis dan dilalui banyak orang. Anda juga bisa membukanya secara online. 

18. Reseller Online

Ide bisnis yang pertama adalah sebagai seorang reseller online. Jenis bisnis ini biasanya dilakukan pada industri fashion atau pakaian sehingga sangat cocok untuk dilakukan jika Anda memiliki ketertarikan dan minat yang tinggi terhadap industri fashion. Memulai bisnis sebagai reseller online tidak terlalu sulit, namun Anda memerlukan dedikasi serta waktu yang tidak sedikit.

Sebagian besar orang memulai bisnis yang satu ini sebagai usaha sampingan diluar usaha utama yang sudah dijalankan. Saat ini pun sudah begitu banyak website ataupun layanan yang lebih memudahkan Anda untuk bisa mulai berjualan sebagai reseller online.

19. Penulis Freelance

Jika Anda memiliki hobi ataupun kemampuan dalam hal menulis artikel ataupun konten, ide bisnis yang menjanjikan satu ini sangat layak untuk dicoba. Seorang penulis freelance sangat dibutuhkan kemampuannya beberapa tahun terakhir dalam semua industri yang ingin berkembang ke arah digital. Hal tersebut karena seluruh perusahaan memerlukan seseorang yang mahir dalam merangkai kata untuk bisnisnya.

Bagi Anda seorang penulis freelance pun tak terbatas hanya pada satu platform saja. Anda bisa menulis dalam blog, sosial media, website, iklan, dan berbagai platform lainnya sesuai dengan kebutuhan. Selain memerlukan kemampuan dalam hal menulis, Anda biasanya hanya memerlukan koneksi internet yang stabil untuk bisa melakukan bisnis ini.

Cukup dengan dua hal tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup tinggi karena biasanya jasa Anda akan dihargai berdasarkan jam kerja ataupun banyaknya konten yang Anda tulis.

20. Digital Marketer

Internet sudah tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Bertumbuhnya teknologi dan kemudahan akses internet yang semakin cepat juga turut mendorong pertumbuhan bisnis-bisnis digital baru. Salah satu bisnis yang semakin bertumbuh beberapa tahun terakhir adalah sebagai seorang digital marketer.

Sama halnya dengan seorang penulis, setiap perusahaan yang ingin mulai bergerak ke arah digital sudah pasti memerlukan seorang digital marketer. Digital marketer sendiri biasanya memiliki tugas untuk bisa memasarkan bisnis perusahaan atau kliennya agar jasa serta produk yang ditawarkan dapat sampai ke calon pelanggan yang tepat.

Digital marketer pun sangat beragam spesialisasi serta keahliannya. Mulai dari SEO, SEM, hingga SMM. Ide bisnis yang menjanjikan sebagai seorang digital marketer ini sangat cocok bagi Anda yang suka dalam menyusun strategi serta menerapkannya pada rencana pemasaran digital.

21. Desain Grafis

Mirip halnya dengan penulis, seorang desainer grafis juga diperlukan hampir di seluruh industri bisnis yang bergerak di bidang digital. Setiap perusahaan pasti memerlukan materi ataupun aset desain untuk bisa mempromosikan jasa serta produk yang ditawarkannya, bukan?

Jika Anda memiliki bakat ataupun kemampuan artistik yang baik, tak ada salahnya mencoba bisnis yang satu ini. Bisnis desain grafis sangatlah menjanjikan karena dapat tersedia dalam berbagai macam format, mulai dari iklan digital, poster, pamflet, desain website, dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.

22. Konsultan

Ide bisnis yang menjanjikan selanjutnya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki keahlian ataupun pengetahuan yang luas akan suatu topik tertentu. Sebagai seorang konsultan, Anda bisa menyediakan layanan untuk berkonsultasi sesuai dengan keahilan yang Anda miliki pada suatu bidang, misalnya dalam bidang bisnis, sosial media, pemasaran, desain grafis, public speaking, kepemimpinan, dan masih banyak lagi.

23. Pengembangan Aplikasi

Bagi Anda yang memiliki kemampuan serta minat pada bidang teknologi dan aplikasi, bisnis yang satu ini nampaknya cocok untuk Anda coba. Dengan semakin berkembangnya smartphone, berbagai aplikasi yang ada di dalamnya pun semakin beragam. Mulai dari aplikasi sehari-hari hingga aplikasi game terus bertambah setiap harinya.

Tren dalam pengembangan aplikasi pun terus berkembang seperti tren perangkat lunak VR (virtual reality) dan lainnya. Hal tersebut tentu saja membuat potensi akan bisnis yang satu ini sangatlah besar ke depannya.

Usaha Fashion & Style 

Bicara fashion dan mode, bisnis ini bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis yang memiliki perputaran keuntungan yang cepat. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu memahami trend fashion yang sedang hype. Dalam memajukan bisnis ini, Anda bisa memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk Anda. Juga memaksimalkan ide dengan melakukan benchmark pada bisnis sejenis Anda yang ada dalam pasar. 

24. Perhiasan  

Perhiasan tidak diwajibkan selalu mahal dan berkelas, sekarang ini bisnis perhiasan bisa digantikan dengan jenis titanium hingga perak. Umumnya penggunaan perhiasan identik dengan pesta. Namun, saat ini banyak sekali anak muda yang mulai menggunakan perhiasan untuk bepergian secara casual. 

Lifestyle inilah yang bisa Anda jadikan sebagai target pasar dari penjualan perhiasan Anda. Tidak perlu terlalu sering mengikuti pameran, hanya saja Anda wajib aktif secara online untuk memasarkan produk. Dengan memiliki branding yang kuat, ini tentunya akan memacu banyak anak muda untuk mencoba dan saling mereferensikan. Jadi, kreasikan perhiasan yang sesuai dengan target pasar Anda! 

25. Clothing Line 

Sama hal dengan berinvestasi, memulai bisnis clothing line ini mudah tumbang jika Anda tidak memiliki fundamental yang kuat dalam membangunnya. Apa itu? Misalnya, Anda hanya mengejar uang dan keuntungan saja.

Padahal, dalam membangun bisnis ini, Anda sangat membutuhkan ketekunan dan passion dalam membentuk branding dari clothing line yang Anda kerjakan. Jadi, kuncinya dalam clothing line ini adalah menciptakan model yang sekiranya disukai oleh target pasar.  

Usaha Properti & Bahan Bangunan 

Menyediakan berbagai kelengkapan untuk properti dan bahan bangunan juga bisa menjadi bisnis yang dapat diandalkan. Perlengkapan demikian tentunya menjadi kebutuhan setiap rumah tangga yang selalu saja sifatnya sewaktu-waktu dengan keadaan yang mendesak. Sehingga menjual kebutuhan seperti ini tidak mungkin dihindari. Simak berikut beberapa bisnis yang bisa Anda siapkan:

26. Toko Listrik 

Toko listrik bisa menjadi bisnis yang menjanjikan untuk jangka waktu kedepannya, apalagi jika Anda membelinya di lingkungan yang sedang dalam proses konstruksi. Nah, keuntungan membuka toko listrik dari sisi bisnis adalah jangka waktu penggunaan barang yang panjang. 

Untuk sukses dengan toko listrik ini, Anda perlu memastikan bahwa supplier yang digunakan siap untuk mengirimkan barang memiliki kualitas produk yang bagus dan tepat. Selain itu, keahlian Anda dalam merakit dan memasang kabel hingga pengetahuan terkait kabel. 

27. Kos-kosan

Dari waktu ke waktu bisnis kos-kosan ini memang selalu menjadi sumber passive income yang pasti. Selain harga tanah yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, proses urbanisasi juga yang kian meningkat. 

Untuk itu memiliki 1 petak kos-kosan bisa jadi keuntungan bagi Anda apalagi jika memilikinya di lokasi yang strategis. Jadi selagi muda, mengapa tidak memiliki investasi berupa kos-kosan? Mulai dahulu dari lokasi-lokasi strategis dekat pembangunan, konstruksi atau kuliah. 

28. 24 Hours Gym Station

Geliat bisnis gym dan olahraga di perkotaan saat ini kian meningkat dikarenakan kebiasaan hidup sehat yang semakin menjamur. Membuka bisnis ini di awal memang memerlukan banyak biaya yang tidak kecil berkisar Rp 1-2 miliar. Namun, omset usaha gym setiap bulan ini bisa mencapai Rp 300 – 400 juta/bulannya. 

Anda bisa menggunakan franchise GYM, atau jika ingin memulai secara pribadi, Anda bisa memilih tempat seperti ruko agar tidak mengeluarkan begitu banyak biaya. Paling tidak bisa memaksimalkan waktu, tempat dan strategi promosi. 

29. House Ware 

Memiliki produk houseware memanglah tidak begitu mudah untuk memasarkannya. Untuk itu diperlukan keahlian khusus dalam mendesain houseware yang akan diperjualkan. Agar sukses perhatikan produk yang selalu dibutuhkan sepanjang masa. Biasanya tidak begitu sulit contohnya menjual coaster minuman. 

Nah, produk seperti ini tentunya tidaklah sulit untuk dicetak, Anda bahkan bisa membelinya dari reseller. Hanya saja apa yang membuat houseware ini menarik adalah seni ukiran, craft yang unik pada barang yang hendak dibeli. Jadi, jangan lagi fokuskan nilai jual Anda pada harga yang murah. Namun, jika Anda mampu berfokuslah pada kualitas dan seninya. 

30. Real Estate

Ide bisnis yang menjanjikan selanjutnya adalah bisnis real estate. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap dunia properti. Sebagai seorang agen real estate, nantinya Anda akan memiliki tugas dalam membantu banyak orang untuk bisa menemukan rumah impian mereka yang tentu saja sesuai dengan budget yang mereka miliki.

Pada beberapa negara, agen real estate wajib untuk memiliki sertifikasi khusus sebelum bisa memulai karirnya untuk menjadi seorang agen. Ide bisnis yang satu ini sangat layak untuk dicoba sebagai bisnis sampingan bagi Anda yang suka bergaul, berinteraksi, serta memiliki keterampilan sosial yang baik.

Investasi Dana di Instrumen Keuangan 

Pandai berinvestasi artinya pandai menganalisa peluang-peluang dalam pasar modal. Tidak tentu akan selalu mengalami keuntungan. Namun sebelum melakukan investasi atau pendanaan, pastikan Anda memahami cara menginvestasikan uang Anda pada platform yang tepat. Jadi tidak selalu fokus pada bunga dan keuntungan saja, ya! Berikut beberapa pilihan dan penjelasan terkait investasi dan pendanaan. 

31. Saham 

Saham adalah salah satu investasi keuangan dengan profil risiko yang tinggi. Saham sebenarnya adalah bentuk kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan. Semakin besar persentase saham perusahaan yang Anda miliki, maka semakin besar keuntungan yang Anda dapat raih. 

Namun sebelumnya sebagai investor Anda perlu memperhatikan berapa return yang akan Anda terima. Tidak hanya itu, pasar saham dinilai sebagai instrumen pendanaan yang memiliki resiko yang tinggi. Jadi jika berniat untuk membeli saham suatu perusahaan, ada baiknya memahami dengan baik bidang bisnis yang akan didanai. 

32. Obligasi 

Sama halnya dengan saham, perbedaannya hanya terletak pada kepemilikan pemegangnya. Pada saham, Anda mendapatkan hak kepemilikan namun pada obligasi tidak. Umumnya obligasi disebut sebagai utang jangka panjang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan untuk mendanai proyek yang sedang berlangsung. Tentunya memiliki jangka waktu jatuh tempo. Dari segi manajemen resiko, pasar obligasi ini memiliki tingkat resiko moderat. Sehingga, tergolong aman untuk Anda mempelajari sembari berinvestasi. 

33. Reksa Dana 

Reksadana adalah wadah yang cocok digunakan bagi Anda yang pemula dalam berinvestasi dalam pasar modal. Khususnya Anda yang tidak memiliki dana untuk diversifikasi dan mempertimbangkan resiko yang kecil. Dari segi efisiensi waktu, Anda tidak perlu ragu dan takut untuk mengelolanya. Percayakan keuangan Anda pada manajer investasi yang mengelola keuangan Anda. 

32. P2P Lending

P2P lending adalah instrumen keuangan yang mempertemukan pendana dan peminjam untuk melakukan berbagai pendanaan. Platform pendanaan ini baik diperuntukkan bagi individu yang memerlukan pendanaan. Juga bagi para pendana yang hendak menggunakan uangnya untuk mendanai berbagai proyek dengan keuntungan bunga pengembalian yang cukup tinggi. 

Namun, sebelum mendanai Anda wajib memastikan credit scoring hingga profil perusahaan tempat mendanai menjadi institusi yang menjalankan pendanaan terhadap proyek yang dapat dipercayai. 

Dapatkan Pendanaan Untuk Proyek Budidaya Anda

Jangan takut untuk memulai sebuah bisnis pertanian di era modern seperti saat ini. TaniFund adalah platform P2P Lending yang mempertemukan pendana dan peminjam. Mulai siapkan model bisnis, prospek ke depan hingga ragam target pencapaian yang akan dicapai.

Pendanaan proyek di TaniFund memang melalui beberapa tahapan credit scoring. Untuk itu, pastikan Anda menyiapkan model bisnis, prospek keuntungangan hingga target pencapaian yang akan diraih. Persiapkan ini semua dan mulai ajukan pinjaman modal usaha budidaya pertanian Anda sekarang!